Brilio.net - Kaum Hawa kerap khawatir dengan problematika kulit wajah. Apalagi kalau bukan jerawat dan keriput? Eits, selidik punya selidik, ada masalah kulit lain yang membuat cewek lebih khawatir, yakni ukuran pori-pori. Nggak sedikit cewek yang rela mematut diri di depan cermin berjam-jam hanya untuk memperhatikan pori-pori lho. Kamu juga?

Pori-pori wajah yang terlalu besar bisa membuat kurang percaya diri. Rasanya ganggu banget kalau wajah terlihat kurang mulus karena ukuran pori-pori yang jelas terlihat, terutama di sekitar area pipi, hidung, dan kening. Kondisi ini juga bikin wajah lebih mudah berminyak.

Ada beragam versi penyebab pori-pori wajah besar. Ada yang mengira akibat kotoran yang masuk ketika pori-pori sedang terbuka. Ada juga yang percaya jika terlalu sering pakai makeup menyebabkan pori-pori bertambah besar.

Beragam statement tersebut bisa jadi nggak salah, karena banyak faktor yang ternyata membuat pori-pori besar. Misalnya faktor genetik, aktivitas harian, sampai kebiasaan merawat wajah sehari-hari. Sinar matahari juga menjadi salah satu faktor yang bisa merusak pori-pori lho.

Hanya saja, cewek sering terjebak mitos tentang seluk beluk pori-pori besar. Jangan-jangan selama ini fakta yang kamu percayai juga merupakan mitos belaka.

Nah, menghindari termakan hoax, kamu wajib menyimak ulasan mitos dan fakta seputar pori-pori wajah yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/6) berikut ini nih.

1. Mitos: Pori-pori nggak punya fungsi.

5 Mitos vs fakta pori-pori wajah, bisa disamarkan sejak menit pertama berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hayo siapa yang pernah berpikiran pori-pori cuma bikin sebel dan nggak punya fungsi? Jika kamu termasuk yang percaya dengan anggapan tersebut, berarti kamu sudah termakan hoax nih.

Faktanya, pori-pori punya tugas berat lho. Fungsinya adalah sebagai lubang keluarnya minyak dan keringat berlebih. Pori-pori adalah sarana bagi sebum alias minyak alami dalam tubuh untuk melapisi permukaan kulit supaya nggak kering. Pori-pori juga merupakan alat bagi kulit untuk bernapas dan penanda kulitmu sehat atau nggak.

2. Mitos: Pori besar nggak bisa disamarkan.

5 Mitos vs fakta pori-pori wajah, bisa disamarkan sejak menit pertama berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Punya pori-pori besar yang terlihat jelas di wajah sangatlah mengganggu penampilan. Nggak heran banyak cewek rela melakukan berbagai cara mengatasi pori-pori wajah besar. Salah satunya dengan cara menyamarkannya. Memangnya bisa? Bisa banget!

Cukup dengan mengandalkan Citra Sakura Fair UV Powder Cream kamu bisa menyamarkan pori tanpa banyak makan waktu. Kandungan ekstrak bunga sakuranya menyimpan banyak vitamin B3, B6, dan E yang mampu bikin kulitmu merona, bebas minyak, dan cuma #SemenitSamarkanPori lho. Citra Sakura Fair UV Powder Cream juga bisa melindungi kulit tetap lembut, segar, dan cerah merona bebas kilap selama 14 jam.

Bebas kilap dalam 1 menit, ini 5 trik dandan buat kamu si super sibuk berbagai sumber

foto: Citra

Makin lengkap, untuk rangkaian perawatan wajah cerah merona kamu bisa menggunakan Citra Sakura Fair Facial Foam sebagai sabun pencuci muka, untuk membantu menghilangkan kotoran hingga 12 lapisan kulit terdalam.

Rangkaian ini akan membuat kulit wajah terasa segar, lembut, dan cerah merona. Hasilnya kulit jadi mulus karena pori-pori yang tadinya terbuka lebar sekarang tampak lebih kecil. Penasaran sama rangkaian Citra Sakura Fair? Kamu bisa cek di sini buat informasi detail produknya. 

3. Mitos: Pori-pori bisa terbuka dan tertutup.

5 Mitos vs fakta pori-pori wajah, bisa disamarkan sejak menit pertama berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Banyak cewek saat melakukan perawatan wajah, menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori wajah dan air dingin untuk menutupnya. Mereka percaya pori-pori bisa terbuka dan tertutup layaknya pintu.

Faktanya nih, pori-pori wajah nggak bisa terbuka atau tertutup. Pori-pori mirip seperti lensa kamera, bukan pintu. Pori-pori bisa berubah dari sempit menjadi lebar begitu juga sebaliknya.

4. Mitos: Bintik hitam pada pori-pori itu cuma kotoran.

5 Mitos vs fakta pori-pori wajah, bisa disamarkan sejak menit pertama berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Bintik hitam di wajah tentu menjadi menjadi masalah besar bagi siapa saja, karena bisa merusak penampilan. Sayangnya, banyak orang beranggapan jika bintik hitam pada pori-pori tersebut cuma kotoran.

Faktanya, bintik hitam tersebut merupakan hasil produksi minyak, kotoran, dan juga sel–sel kulit mati yang menumpuk di pori–pori wajah. Menurut dokter kulit Doris Day, nggak semua titik hitam tersebut termasuk komedo.

Titik hitam sebenarnya bisa jadi rambut halus atau filamen sebaceous, yang merupakan kombinasi dari sebum dan sel kulit. Titik hitam tersebut berbeda dengan komedo hitam karena terbentuk dari penyumbatan folikular yang terbuka dan patologis.

5. Mitos: Sinar UV nggak berpengaruh ke pori-pori.

5 Mitos vs fakta pori-pori wajah, bisa disamarkan sejak menit pertama berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kendati pori-pori nggak bisa dikecilkan, beberapa kondisi justru bisa membuat pori-porimu tampak lebih besar. Salah satunya disebabkan sinar matahari. Yup, paparan sinar matahari yang terlalu sering bisa memperbesar pori-porimu lho. Duh, kok bisa?

Sinar UV akan masuk ke dalam kulit dan menyerang kolagen serta elastin sehingga membuat kulit semakin menipis. Kulit tipis ini pastinya akan membuat pori-pori semakin visible dan membesar.

Nah, Sobat Brilio, itu tadi mitos dan fakta seputar pori-pori wajah. Yang terpenting jaga selalu kebersihan dan kesehatan kulit wajahmu ya. Clean your face the right way! Apalagi kini mendapatkan kulit segar dan cerah sejak menit pertama dan tanpa ribet bukan cuma impian lho. Kamu bisa ngandelin Citra Sakura Fair UV Powder Cream sebagai rangkaian perawatan wajah dalam keseharianmu.

Kenapa harus pakai produk dari #CitraSakura ini? Soalnya, Citra Sakura Fair UV Powder Cream merupakan produk kecantikan pertama di Indonesia yang bisa bikin kulit cerah merona alami, nggak bikin wajah berminyak, dan memberi tampilan matte dengan menyamarkan pori sejak menit pertama pemakaian.

Citra Sakura Fair UV Powder Cream ini solusi masalah penampilan dari kamu yang punya jadwal padat dan super sibuk. Inovasi powder creamnya mampu menyamarkan pori-pori dan warna kulit tidak merata dalam waktu singkat. Apalagi kalau kamu sekalian pakai rangkaian perawatan wajah Citra Sakura Fair UV Facial Foam yang bisa membersihkan hingga ke 12 lapisan kotoran dan Citra Sakura Fair UV Powder Cream setiap hari, wih... manfaat ekstrak sakuranya bakal maksimal bikin kamu mendapatkan #SemenitSamarkanPori? Say #HelloPowderCream, bye keribetan tampil cerah merona!