Brilio.net - Rambut adalah bagian tubuh makhluk hidup yang tumbuh di beberapa bagian tubuhnya. Di antaranya kepala, ketiak, tangan, kaki dan lainnya. Namun yang kerap terlintas ketika disebutkan kata rambut merujuk rambut kepala. Rambut memiliki fungsi sebagai pelindung debu dan tanda kedewasaan. Bahkan, bagi wanita rambut menjadi bagian tubuh sangat berharga yang disebut sebagai mahkota.

Maka dari itu sebagai bagian tubuh yang sehari-hari dirawat, kamu perlu mengetahui berbagai fakta tentang rambut. Berikut brilio.net rangkum fakta tak terduga rambut dari dailymakeover.com dan holleewoodhair.com, Kamis (11/2):

1. Komponen penyusun rambut paling utama adalah keratin. Keratin merupakan rotein yang sama pada tanduk hewan, cakar, bulu, kuku, dan paruh.

2. Ketika dalam kondisi basah, rambut yang sehat dapat mengembang hingga 30 persen dari ukuran aslinya.

3. Panas menstimulasi pertumbuhan rambut lebih cepat.

4. Bagian rambut yang masih hidup adalah yang berada di balik kulit, selebihnya adalah bagian yang telah mati.

5. Rambut memuat segala sesuatu yang juga mengalir dalam darah, termasuk obat-obatan, sehingga rambut bisa digunakan untuk keperluan forensik.

6. Rambut laki-laki dan perempuan adalah identik, sehingga rambut tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi gender.

7. Warna rambut paling umum di dunia adalah hitam. Rambut berwarna merah hanya ada 1 persen di dunia, sedangkan warna pirang ada sekitar 2 persen.

8. Rambut terdiri dari 50 persen karbon, 21 persen oksigen, 17 persen nitrogen, 6 persen hidrogen, dan 5 persen sulfur. Sisanya magnesium, arsenik, besi, kromium dan logam lain serta mineral.

9. Selain sumsum tulang, rambut adalah jaringan yang paling cepat pertumbuhannya.

10. Satu helai rambut memiliki ketebalan 0,02-0,04 mm dan dapat berumur sampai 5 tahun.

11. Rata-rata orang memiliki 100.000-150.000 helai rambut di kepala mereka. Setiap harinya terdapat 40-150 helai rambut yang jatuh.

12. Kurangnya zat besi dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

13. Usia atau stres menghambat kerja melanin sehingga menyebabkan sel-sel pigmen warna tidak lagi menghasilkan warna yang normal. Inilah penyebab tumbuhnya rambut putih.

14. Rata-rata rambut tumbuh 0,3-0,5 mm per hari.

15. Wanita akan kehilangan banyak rambut setelah melahirkan. Hal ini disebabkan hormon mereka sedang mengatur untuk kembali normal.

16. Penyebab utama dari ketombe adalah jamur yang disebut Malassezia Globosa, yang mendorong sel-sel kulit pada permukaan lebih cepat mati dari biasanya.

17. Produk rambut  pria pertama bernama 'Brylcreem' yang diproduksi pada tahun 1928, dibuat dari minyak mineral, beeswax dan air.

18. Rambut dan kuku manusia akan terus tumbuh meskipun seseorang sudah mati.

19. Fungsi dari rambut adalah melindungi kepala dari panas karena kepala tidak memiliki lapisan lemak seperti di tangan atau badan.

20. Memotong rambut tidak mempengaruhi seberapa cepat atau lambat pertumbuhan rambut.