Brilio.net - Hemeroplanes adalah salah satu ngengat yang memiliki larva ulat lain daripada yang lain. Larva ngengat yang satu ini sering disangka bayi ular karena bentuknya yang menyerupai ular, dari kepala hingga ekor.

Ulat Ular © 2016 brilio.net

foto: twitter.com

Hemeroplanes sendiri adalah ngengat dari keluarga Sphingidae, dan banyak sekali ditemukan di Amerika serta Afrika. Nah uniknya, dalam bentuk larva, ulat ini memiliki kemampuan memperluas segmen tubuh anterior atau bagian depan mereka sehingga sangat mirip ular, lengkap dengan sisik reptil dan mata ular yang menyeramkan. Tak setiap saat berbentuk seperti ular, saat terancam saja ia akan menarik, lalu mengerutkan kaki ke kepala, dan menyerupai ular yang ganas. Jadi, biar kamu nggak salah sangka, kepala ular ini sebenarnya adalah adalah ekor ulat yang telah berubah bentuk menjadi seperti ular.

BACA JUGA: 10 Fakta unik MotoGP, satu pebalap berkeringat 2 liter/balapan

Loading...

Ulat Ular © 2016 brilio.net

foto: sarananews.blogspot.com

Mengapa ulat kecil ini melakukan hal tersebut? Menurut berbagai sumber yang dikutip brilio.net, Kamis (30/6), mereka melakukan hal tersbeut ternyata untuk meniru predator, lho. Tapi tenang, mereka nggak berbahaya seperti ular beneran kok, karena mereka jelas tak memiliki taring.

Ulat Ular © 2016 brilio.net

foto: atjehcyber.net

Nah, kalau kamu bertemu dengan jenis ulat yang satu ini, jangan langsung mengira ia adalah bayi ular yang sering ada di sela-sela daun, ya. Meski mirip, ia adalah larva ngengat yang sama sekali tak berbahaya.