Brilio.net - Kebanyakan pemilik kucing hanya memperhatikan kebersihan tubuh kucing, kesehatan tubuh dan kebersihan pangan saja. Ada hal lain yang tak kalah penting yaitu kebersihan mulut dan gigi pada kucing.

Siapa sangak, kepentingan gigi dan mulut pada kucing sangat penting lho, bahkan kucing perlu melakukan perawatan gigi seperti scalling. Lucu yah.

Dokter hewan drh. Angela Maharani mengatakan, scalling pada kucing dan anjing perlu dilakukan. Biasanya pada usia mereka di atas tiga tahun. "Alasannya karena biasanya beragam makanan yang dimakan, asam lemaknya itu meninggalkan karang gigi. Dan kalau tidak dibersihkan akan menyebabkan radang gusi. Baiknya, setelah tiga tahun ke atas periksakan ke dokter sudah perlu di scalling atau belum," jelasnya kepada media belum lama ini.

Sementara itu, kesehatan gigi pada kucing juga tergantung dari makanan yang merek makan. Angela menyarankan agar pemiliki kucing tak memberi makan tulang karena akan berdampak buruk pada gigi si kucinh.

"Kalau dia (kucing) masih makan cat food masih nggak apa-apa, karena mereka udah merancang untuk kucing, kesehatan kekuatan dan lain-lain. Yang jadi masalah adalah ketika kita beri makan makanan kucing diluar dari cat food kaya tulang dll, gak propper untuk mereka dari kekerasan dan segala macem," pungkasnya.

Loading...