Brilio.net - Memelihara hewan peliharaan yang menggemaskan merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi semua orang, terlebih bagi pecinta binatang. Apalagi melihat tingkahnya yang lucu dan menggemaskan dapat meningkatkan mood si pemiliknya.

Dokter hewan drh Angela Maharani mengatakan memelihara hewan peliharaan seperti kucing memiliki banyak manfaat. Paling umum, tiga manfaatnya bisa memengaruhi kesehatan fisik, emosi, dan mental manusia.

"Dengan memelihara hewan peliharaan dapat menumbuhkan rasa empati dan disiplin, meningkatkan imunitas tubuh serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol," katanya saat ditemui media di acara launching Fancy Feast hadirkan dua varian gourmet spesial di Jakarta, Jumat (24/11).

Saat ini kucing menjadi hewan yang paling banyak di pelihara oleh masyarakat. Oleh sebab itu, orangtua yang memiliki anak sebaiknya juga perlu melakukan pengenalan hewan peliharaan agar sang anak tak salah dalam memelihara hewan peliharaan.

"Sebenernya pengenalan itu lebih baik dari kecil agar mereka tahu bahwa hewan tidak boleh disakiti. Biasanya melalui tindakan kita, kita kasih tau baiknya gimana. Tapi kalau kita di rumah sama anak kita, mereka akan lihat kita cara kita merawat hewan ini dan mereka akan belajar," jelasnya.

Loading...

Menurut Angela, cara perawatan kucing itu bisa memengaruhi tingkat stres kucing. Jadi sebaiknya, Angela menyarankan agar pemilik kucing bisa merawat kucing dengan baik.

"Cara merawat tidak baik pun dapat mempengaruhi hewan tersebut bisa stres karena tidak semua kucing ataupun hewan suka dipegang. Mereka punya habituasi masing-masing untuk diperlakukan kaya apa," tutupnya.