Brilio.net - Kamu pasti hafal di luar kepala pelajaran IPA di SD atau SMP tentang alat pernafasan hewan. Ada yang pakai paru-paru, insang, permukaan kulit, atau trakea. Nah, pernah dengar hewan yang bernapas lewat bokong, tepatnya anus? Kalau dalam istilah biologi untuk hewan, disebut kloaka. Memangnya ada?

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/6), berikut tiga binatang yang bernapas lewat kloaka:

1. Timun laut (teripang).

hewan napas bokong  © 2016 brilio.net

Timun laut adalah hewan invertebrata Holothuroidea yang dapat dimakan. Habitatnya di laut seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam di Samudera hindia maupun Samudera Pasifik Barat.

Loading...

Nah, dalam bernapas timun laut menggunakan anusnya, lho. Sebagaimana dikutip dari bioweb.uwlax.edu, anusnya bukan cuma lubang untuk membuang kotoran, tapi juga diperluas dengan adanya kontraksi otot di dinding tubuh dalam irama lambat untuk menghirup dan mengeluarkan air. Di sinilah terjadi ekstrak oksigen. Bahkan, ada beberapa spesies teripang yang memungkinkan ikan kecil untuk masuk dan keluar anusnya, lho.

2. Australian White-throated snapping turtle.

hewan napas bokong © 2016 brilio.net

foto: research.jcu.edu.au

-Sebagaimana dikutip dari infinitespider.com, hewan ini adalah kura-kura asal Australia yang sering disebut 'bum-breathing turtle' soalnya bisa nyaris 70% mendapatkan oksigen dari kloaka bursae atau pantatnya! Sayangnya, spesies ini terancam punah.

-3. Capung

hewan napas bokong © 2016 brilio.netfoto: thejunglestore.blogspot.com

-Serangga satu ini bernapas dengan insang yang ada di bagian akhir abdomennya. Dikutip dari insects.about.com, posisi insang ini berada di rektum, bisa dibilang capung bernapas lewat pantat. Capung akan menarik air ke dalam anus, di mana terjadi pertukaran gas. Saat dia mengeluarkan air ke belakang, dia akan terdorong ke depan, membantunya bergerak.