Brilio.net - Lagi bad mood, bawaannya pengen marah-marah terus, mungkin kamu kurang piknik? Coba deh luangkan waktu dan pergilah ke tempat dimana banyak udara segar. Selain bisa memperbaiki suasana hati, dengan berjalan-jalan ke luar ruangan kamu bisa merasakan manfaat lainnya, lho. Baru-baru ini para ilmuwan menemukan bahwa waktu yang dihabiskan untuk bersantai di luar ruangan secara fisik dapat membawa perubahan pada otak menjadi lebih sehat.

Alasannya? Ternyata liburan yang dihabiskan di alam atau tempat wisata yang jauh dari pusat keramaian, liar dan tak berpenghuni mampu membantu untuk menenangkan pikiran. Menurut para ahli, cara terbaik untuk mengatasi suasana hati yang buruk adalah dengan 'mematikan' otak. Nah, cara yang bisa dilakukan untuk itu dengan pergi jalan-jalan, piknik atau liburan.

BACA JUGA: Tak sekadar bugar, 7 olahraga ini bermanfaat untuk kesehatan otakmu!

Teori ini terbukti ketika sekelompok ilmuwan melakukan uji coba terhadap sejumlah orang yang pergi untuk berjalan-jalan di hutan hanya satu setengah jam. Hasilnya, setiap peserta dalam percobaan ini mengalami penurunan yang signifikan dalam aktivitas korteks prefrontal otak mereka. Dimana bagian ini merupakan daerah otak yang bertanggung jawab untuk penyakit psikologis. Jadi bayangkan saja apa yang mungkin bisa terjadi jika seseorang menghabiskan bukan hanya satu setengah jam di hutan, tapi beberapa hari atau lebih.

Para ilmuwan juga mengamati bagaimana perubahan di otak dapat memiliki efek pada kehidupan kamu sehari-hari. Mereka meminta sekelompok relawan untuk menghabiskan beberapa hari hidup jauh dari kota, dengan semua perangkat elektronik mereka dimatikan. Mereka kemudian diminta untuk melaksanakan tes kreativitas lengkap dengan beberapa tugas yang rumit. Ternyata tingkat pemikiran kreatif mereka meningkat sebesar 50%.

Loading...

Nah, dalam rangka untuk menikmati hidup dengan kesehatan yang baik, panjang umur, hubungan pribadi yang harmonis dan bahagia, cobalah pergi menuju suatu tempat yang tenang dan indah. Jadi, kapan nih pergi liburan?