Brilio.net - Bagi kamu warga Jember, pasti tidak asing dengan nama Dyah Ayu Prameswariningtias Zulkarnaen pengusaha remaja yang populer dengan brand KAMPEZ (kampung es). Ayu yang saat ini masih duduk di kelas XII SMA Negeri Ambulu Jember ini adalah seorang pebisnis muda yang cerdik mengelola bisnis miliknya. Buktinya saja bisnis KAMPEZ miliknya sudah memiliki omzet sebesar Rp 60 juta meskipun masih berumur 1 tahun.

Darah bisnis mungkin bisa dibilang sudah mengalir dalam diri Ayu, karena dia memang dibesarkan dalam keluarga pebisnis. Ayu bercerita bahwa orang yang paling berpengaruh pada perkembangan usahanya adalah kakeknya yang sudah benar-benar mengajarinya seluk-beluk dunia usaha. Ayu juga menyebut kakeknya sebagai sosok Bob Sadino dalam keluarganya, karena telah mendampinginya dari awal bisnis sampai saat ini.

Sebelum sukses dengan bisnis kampung es, Ayu sudah mulai belajar bisnis sejak usianya masih sangat muda. Produk yang membuatnya sukses seperti aneka jus dan cappucino cincau. Sampai kini dia baru punya 2 outlet saja.

"Saya dari kelas 3 SD sudah belajar bisnis, seperti menjadi reseller aksesoris dan menjualnya di sekolah. Lalu di SMP-SMA saya mencoba bisnis lain seperti bisnis kaos, fashion online, reseller snack, dan lainnya," kata Ayu ketika berbincang dengan brilio.net, Selasa (24/3).

Gadis cantik ini juga menuturkan bahwa menurutnya sukses harus dimulai semuda mungkin. Karena di usia yang muda energi seseorang masih sangat kuat dan keinginannya juga kuat. Meskipun minim pengalaman, tapi keinginan untuk selalu belajar hal baru selalu kuat. Itulah yang membuat Ayu sangat semangat setiap kali menjalankan usahanya, apapun bentuknya.

Tidak lupa juga Ayu berpesan pada semua anak muda agar selalu mengoptimalkan kemampuan dan waktunya.

"Jangan takut untuk selalu mencoba hal baru, tetap optimis, selalu mau belajar dan hidup bersama passion. Dan, banyak berkumpul dengan orang-orang yang selalu memberi dampak positif," lanjut Ayu.

KAMU JUGA HARUS BACA INI:

11 Kartini Indonesia masa kini yang moncer di bidangnya masing-masing

Ini bedanya 0 dan +62 yang sering kamu gunakan buat SMS dan telepon

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

9 Kesalahan mandi yang mungkin sering kamu lakukan

Jangan simpan 24 Makanan ini di lemari es!

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal


TIPS KESEHATAN BUAT KAMU:

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru, demi kesehatan kamu

Punya tubuh kurus pasti selalu dianggap sehat, kamu yakin?

7 Manfaat dahsyat buah kurma untuk kesehatan kamu

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Pengen kulit kamu selalu sehat? Makan buah-buahan kaya vitamin C ya!