Brilio.net - Jerawat selalu bikin pede yang awalnya sejuta jadi turun drastis 99,9 persen ke titik level terendah. Kamu sering jerawatan? Cek lagi deh, bisa jadi itu karena kebiasaan olahragamu.

Meski olahraga merupakan salah satu cara untuk memiliki hidup sehat, termasuk bagi kesehatan kulit, beberapa pakar percaya bahwa olahraga ternyata juga memiliki efek samping bagi metabolisme tubuh serta memproduksi kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) berlebihan sehingga akhirnya bisa memicu timbulnya jerawat itu.

Nah supaya kulitmu bersih saat berolahraga, berikut ini cara sederhana supaya kebiasaan berolahragamu nggak bikin jerawat, seperti dikutip brilio.net dari Health Me Up, Senin (6/7).

1. Cuci wajah setelah berolahraga
Setelah selesai berolahraga, ada baiknya kamu untuk segera mencuci bersih wajahmu dengan air dingin. Hal ini karena keringat memiliki kecenderungan untuk menarik bakteri lebih banyak yang akhirnya membuat timbulnya jerawat.

2. Mandi setelah berolahraga
Beberapa pusat kebugaran modern sekarang selalu menyediakan kamar mandi sehingga kamu bisa mandi segera setelah selesai olahraga. Jika waktunya memungkin, sebagainya manfaatkan fasilitas ini, guys.

3. Jangan sentuh wajah
Hayoooo, kamu pasti sering tanpa sadar sering menyentuh wajah dengan tanganmu kan? Kebiasaan ini sangat nggak baik lho! Sebab tangan, apalagi ketika selesai olahraga ternyata memiliki begitu banyak bakteri dan kuman.

4. Bersihkan peralatan olahraga sesering mungkin ya?
Rajin bersihin muka, tapi peralatan olahraga nggak pernah dibersihkan ya sama juga bohong tuh. Setelah selesai digunakan, ada baiknya membersihkan peralatan olahragamu.

5. Jangan lupa untuk pakai pakaian katun yang longgar
Ini paling penting nih, guys. Cobalah untuk mengenakan pakaian katun ketika berolahraga ya? Sebab jenis bahan ini terbuat dari kapas alami yang bisa mencegah penumpukan keringat di baju yang bisa bikin jerawat bertumbuh dengan pesat.

BACA JUGA:

Kalau nggak mau jerawatan makan saja 10 makanan & minuman ini

Terlalu banyak vitamin B12 bikin jerawat susah hilang, emang iya?

Nggak cuma bisa hangatkan badan, minum jahe juga ampuh usir jerawat

Kalau makan pisang jangan dibuang kulitnya, ampuh obatin jerawat lho

SEDANG POPULER DI BRILIO:

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

16 Foto balasan SMS penipuan yang bikin ketawa ngakak

Ingat 'Si Kentung' film Tuyul & Mbak Yul? Kisahnya sungguh tragis

Kisah Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam