Brilio.net - Selain urusan kesehatan, yoga memang dipercaya bisa menjadi salah satu cara untuk meditasi. Bahkan banyak orang melakukan yoga untuk mengurangi kadar stres secara psikologis. Memang akhir-akhir ini, yoga sedang menjadi tren. Akan tetapi hal ini masih didominasi oleh cewek. Masih jarang cowok yang melakukan ini.

Bagaimana dengan cowok yang ingin yoga? Kamu bisa memilih Broga sebagai alternatifnya. Jenis yoga ini sengaja dikhususkan untuk cowok sebagaimana dikutip brilio.net dari Times, Rabu (3/9). Jadi, kamu tidak perlu lagi berada di tengah-tengah kumpulan cewek untuk melakukan gerakan yoga. Broga ini diciptakan oleh Robert Sidoti dan Adam O’Neill.

Gerakan Broga lebih menekankan gerakan maskulin yang disesuaikan dengan sifat cowok. Broga menggabungkan gerakan yang berfungsi untuk penguatan otot dan juga gerakan lainnya untuk mengurangi stres. Bahkan gerakan ini juga adopsi dari gerakan fitnes untuk workout. Yang menjadi ciri khas dari Broga adalah penekanan gerakan untuk meningkatkan kekuatan tubuh.

Di Amerika Serikat, Broga menjadi pilihan dari atlet-atlet olahraga seperti tenis. Tidak jarang juga pensiunan atlet yang melakukan hal ini. Sayangnya, studi Broga hanya terbatas di Massachusetts (berdasarkan data tahun 2012).

Sayangnya, kehadiran Broga di Indonesia belum bisa dipastikan.