Brilio.net - Indonesia adalah negara yang begitu kaya dengan tradisi dan budaya. Salah satu daerah yang budayanya selalu menarik dan menghadirkan cerita unik adalah daerah Toraja, Sulawesi Selatan.

Baru-baru ini viral salah satu video yang diunggah oleh akun TikTok @puarangmadaster. Dalam video itu tampak sebuah pemakaman namun berbeda dengan pemakaman pada umumnya. Pada umumnya, pemakaman yang ada di Indonesia akan berbentuk kuburan yang diberi kayu atau batu nisan.

Namun, pemakaman di daerah Toraja, Sulawesi Selatan itu malah berbentuk seperti rumah, bahkan beberapa makam diberi pagar sehingga benar-benar mirip seperti rumah. Selain itu, penataan makam berbentuk rumah ini juga ditata sedemikian rapi sehingga bentuknya mirip dengan perumahan.

makam berbentuk perumahan Berbagai sumber

foto: TikTok/@puarangmadaster

Loading...

Makam berbentuk rumah yang ada di Toraja itu benar-benar didesain sedemikian rupa mirip dengan rumah, dan ada yang dibuat dalam bentuk rumah bertingkat. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (21/12), makam berbentuk rumah yang ada di Toraja itu dinamakan Patane, dan bisa dibilang adalah bentuk pemakaman paling modern di Toraja.

makam berbentuk perumahan Berbagai sumber

foto: TikTok/@puarangmadaster

Dikutip dari akun YouTube Agust Bara, pemakaman berbentuk rumah ini, dibuat sedemikian bagusnya oleh orang Toraja untuk menyimpan peti mati dari keluarga yang sudah meninggal. Selain itu, warga Toraja juga meyakini desain seperti rumah ini bisa membuat keluarga mereka yang telah dimakamkan akan merasa lebih nyaman.

makam berbentuk perumahan Berbagai sumber

foto: TikTok/@puarangmadaster

"Dibangun menyerupai rumah mewah, dan di dalamnya dibuat sedemikian rupa. Dan orang Toraja mempercayai bahwa orang yang sudah meninggal dan diistirahatkan di tempat ini supaya dia akan merasa nyaman," dikutip oleh brilio.net dari akun YouTube Agust Bara.

Unggahan makam berbentuk perumahan itu juga akhirnya kini viral dan disaksikan hampir satu juta kali di akun TikTok @puarangmadaster. Selain itu, warganet juga merespons unggahan itu dengan berbagai komentar.

"lah bayangin lu nyasar disitu lu kira perkampungan terus lu ngetuk" pintunya," tulis akun @MarolopPurba

"lebih bagus ruumah kuburan dari rumah gue," tulis akun @NiluhSriWulandari

"kayaknya tinggak disitu enak,gaada tetangga yg nyinyir kita kalo pulang malem," tulis akun @gataudah

@puarangmadaster Marendeng_marampa -