Brilio.net - Baru-baru ini netizen di media sosial TikTok dihebohkan dengan video yang memperlihatkan seorang pria yang tengah berjalan di suatu pantai. Namun pria itu dibuat terheran-heran saat melihat pantai di depannya tampak mengering. Sejauh mata memandang, hanya terlihat hamparan pasir yang luas tanpa adanya air laut.

Video itu pertama kali diunggah oleh pria bernama Fahmi Habibie pada Minggu (4/7) lalu. Dalam kurun waktu beberapa hari saja, video viral berdurasi 53 detik itu sudah ditonton lebih dari 23 juta kali oleh pengguna TikTok.

"Hei rek, laute ilang (lautnya hilang). Loh, ilang rek," ucap Fahmi sembari berjalan di pantai yang mengering itu, seperti dikutip brilio.net pada Rabu (7/7).

pria berjalan di pantai mengering © TikTok

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: TikTok/@fahmiahab

Fahmi pun dibuat semakin penasaran dengan fenomena alam itu. Ia akhirnya memutuskan untuk berjalan semakin jauh ke tengah-tengah.

"Ini bener-bener airnya ke mana, airnya ilang. Aku udah bener-bener udah di tengah-tengah laut rek. Tuh, ini tengah-tengah laut. Ya Allah, iki biasane di sini udah ada hiu nggak sih, padahal? Loh, ini bener-bener hilang lho," ujarnya lagi.

pria berjalan di pantai mengering © TikTok

foto: TikTok/@fahmiahab

Melihat video tersebut, warganet langsung dibuat auto panik. Mereka merasa khawatir melihat aksi Fahmi.

"Gue panik banget pas tiba-tiba dia lagi nengok ke belakang, tau-tau airnya dateng tinggi wkwk," tulis @kaylaaanan.

"Bisa-bisanya lu lihat air laut surut bahagia banget," timpal @alrahma_.

Tak berselang lama, Fahmi tampak mengunggah video baru dan menjelaskan fenomena yang baru saja ia temui tadi.

pria berjalan di pantai mengering © TikTok

foto: TikTok/@fahmiahab

"Gini lho rek, itu tadi namanya 'Meti'. Nah, meti itu fenomena alam di mana air laut benar-benar surut. Surutnya itu bisa sampai 2 km itu lho. 2 Km dari bibir pantai itu benar-benar nggak ada air sama sekali, rek. Yo wes itu daratan pasir," ujar Fahmi.

Ia pun sempat dibuat ngakak dengan komentar-komentar warganet yang menyangkut pautkan kejadian itu dengan tsunami dan sebagainya.

"Lha, itu bukan berarti kayak habis itu ada gempa, lempeng bumi, tsunami, Allahu Akbar Naudzubillah Min Dzalik rek. Kalian semua itu pinter geografi katanya. Itu tuh fenomena wajar terjadi di sini," terangnya.

Meski fenomena ini sudah biasa terjadi di pantai tersebut, Fahmi tetap merasa takjub.

pria berjalan di pantai mengering © TikTok

foto: TikTok/@fahmiahab

"Bayangin kalian jalan di atas laut itu nggak ada airnya. Apa nggak kayak terkagum-kagum? Terheran-heran rek? Lak yo keren gitu. Aku pernah lihat yang surut banget, tapi jeda 1,5 jam sudah penuh lagi airnya. Nggak tsunami, ya biasa ae," paparnya.

Dalam unggahan terbaru Fahmi, terungkap jika fenomena tersebut terjadi di Kepulauan Kei yang berada di kawasan tenggara Kepulauan Maluku.

@fahmiahab

agaknya syok ya bunddd ##keiisland ##fyp ##fyp ##foryou ##indotravel

original sound - Langit Jiwa Penyaksi

(brl/gib)