Brilio.net - Baru-baru ini media sosial sedang ramai dengan video yang isinya penampakan awan berbentuk kapal selam menyerupai KRI Nanggala-402. Video ini berhasil bikin haru warganet, karena mereka menganggap bahwa alam memberi tahu bahwa KRI Nanggala-402 dan 53 kru berlayar di keabadian.

Dalam video itu tampak ada gumpalan awan yang menyerupai bentuk kapal selam. Kejadian ini terjadi di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Bali. 

Sebuah akun media sosial yang mengunggah video ini adalah akun Instagram @andrawan_ari.

“Ada yg aneh bentuk awan itu,” tulis pemilik akun @andrawan_ari seperti dikutip brilio.net, Kamis (29/4).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Selain dari bentuk awannya yang unik, ada beberapa fakta menarik tentang awan berbentuk kapal selam ini. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (29/4), ini dia kumpulan fakta terkait fenomena awan berbentuk kapal selam yang muncul di Sanur, Denpasar, Bali.

1. Video itu diambil pada pagi hari.

fakta awan berbentuk kapal selam Berbagai sumber

foto: Instagram/@andrawan_ari

Ketika video ini viral di berbagai media sosial, ada beberapa akun yang memberi komentar bahwa ini terjadi sore hari atau saat sunset.

Namun pada kenyataannya, fenomena ini terjadi ketika matahari terbit. Video ini diambil pada pukul 05.00 WITA di Pantai Matahari Terbit.

2. Sudah diambil sejak Minggu (25/4).

Video ini bukan video yang baru diambil, melainkan pada hari Minggu (25/4). Perlu diketahui, pada hari itu juga akhirnya KRI Nanggala-402 dinyatakan subsunk atau tenggelam secara resmi oleh pihak TNI AL.

3. Pemilik akun baru sadar setelah selesai merekam video.

fakta awan berbentuk kapal selam Berbagai sumber

-foto: Instagram/@andrawan_ari

Pemilik akun yang mengunggah video ini baru sadar kalau awan itu berbentuk kapal selam, setelah dia melihat video jadinya. Hal ini dikarenakan si pemilik akun pada awalnya hanya berniat merekam keindahan momen matahari terbit.

4. BMKG jelaskan proses pembentukannya.

Dikutip dari liputan6, dari pihak BMKG juga memberi penjelasan, bentuk awan seperti ini terpengaruh oleh proses cuaca dari pergerakan angin, uap air, dan jumlah uap air di wilayah itu.

5. BMKG menjelaskan bahwa ini jenis awan cumulus.

fakta awan berbentuk kapal selam Berbagai sumber

-foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo

Selain dari proses terbentuknya, BMKG juga menjelaskan bahwa awan berbentuk kapal selam ini adalah awan jenis cumulus.

(brl/red)