Brilio.net - Bagi mahasiswa tari, biasanya mereka melakukan pentas sebagai bentuk pertunjukkan kemampuan serta dedikasi semasa studi. Melalui pertunjukan tersebut, mereka dapat menampilkan hasil belajar mereka dalam teknik, koreografi, dan interpretasi seni tari.

Biasanya dalam pentas ini mereka diminta untuk menciptakan kreasi tari sekreatif mungkin. Tentu dengan ide-ide yang pernah dipelajari. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan tari di salah satu kampus negeri ini. Ide mereka dalam ujian tak hanya unik, namun juga dianggap nyeleneh.

Lewat video TikTok yang di posting oleh akun @dharmaputra33. Dalam video tersebut terlihat beberapa personel tari sudah siap dengan dandanannya. Diketahui bahwa mereka hendak menampilkan Tari Gambyong Lareanom.

Tari Gambyong Lareanom ini merupakan kreasi dari tari Gambyong Pareanom. Merujuk dari Kemdikbud, Tari Gambyong Pareanom merupakan salah satu jenis tari Jawa klasik yang berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Tari ini merupakan pengembangan dari tari Gambyong yang sudah ada sejak abad ke-19. Tari Gambyong Pareanom diciptakan oleh Nyi Bei Mintararas dari Pura Mangkunegaran, Solo, pada tahun 1950.

tari gambyong © TikTok

foto: TikTok/@dharmaputra33