Brilio.net - Brilio.net mengutip data dari Making Oceans Plastic Free (2017) menyatakan rata-rata ada 182,7 miliar kantong plastik digunakan di Indonesia setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, bobot total sampah kantong plastik di Indonesia bisa mencapai 1.278.900 ton per tahunnya. Sampah kantong plastik juga menyumbang setidaknya 40 persen dari keseluruhan limbah plastik di Indonesia.

Kendati pun saat ini sudah gencar soal kampanye tanpa kantong plastik, upaya itu masih kurang maksimal untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia. Untungnya, sejumlah daerah di setiap wilayah Indonesia punya strategi sendiri untuk mengurangi limbah plastik ini. Sebut saja di daerah Banyumas yang mengubah sampah plastik di wilayahnya menjadi paving block.

Dipimpin oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein, membuat program untuk mengolah sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat dan punya nilai jual, salah satunya adalah paving block. Paving block terbuat dari plastik itu sudah dipasang di jalan Bung Karno, Purwokerto. Lalu seperti apa penampakan jalan dari paving block plastik tersebut? Brilio.net menghimpun dari TikTok @azffam, berikut ini potret lengkapnya, Minggu (4/2).