Brilio.net - Ijazah merupakan surat keterangan penting yang wajib disimpan. Berkas ini nantinya akan sangat dibutuhkan ketika mengurus hal-hal penting macam pekerjaan dan juga kebutuhan kelengkapan berkas lainnya. Kalau sadar akan pentingnya ijazah, pasti orang akan sangat memerhatikan cara menyimpannya. Agar data-data yang tertulis di sana tidak hilang dan bisa dibaca dengan baik.

Belum lama ini warganet dihebohkan dengan adanya potret ijazah zaman lawas. Ijazah tersebut kondisinya masih bagus. Tulisan-tulisan yang ada di sana pun masih sangat jelas terlihat. Namun yang bikin warganet salah fokus adalah pas foto sang pemilik yang tertempel di sana.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Senin (4/11), potret ijazah lawas tersebut diunggah oleh akun Twitter @ulfahdh_. Ia menyebutkan kalau ijazah jadul ini milik almarhum kakeknya. Uniknya, dalam ijazah tersebut terlihat foto kakeknya dengan gaya yang berbeda.

“Nemu ijazah sekolah rakjat alias sd alm eyangku dan posenya boleh gini dong. Uwu sekaliiw yangkung,” keterangan yang ditulis pada unggahan tersebut.

ijazah jadul pas foto sorotan © Twitter

Loading...

foto: Twitter @ulfahdh_

 

Ya, tidak seperti pas foto zaman sekarang yang terkesan kaku. Pada foto yang tertempel di ijazah itu tampak pemiliknya berpose dengan gaya. Seperti yang terlihat pada cuitan yang viral, kakek dari pemilik akun @ulfahdh_ itu bergaya tangannya meletakkan tangannya di dagu saat pengambilan pas foto untuk ijazah.

Tidak disangka, unggahan tersebut beredar hingga menjadi perbincangan viral para pengguna linimasa Twitter. Banyak warganet bahkan menanggapi unggahan tersebut dengan beragam respons. Ada pula warganet yang turut mengunggah ijazah zaman dulu milik nenek ataupun kakek mereka.

Ternyata memang pas foto pada ijazah zaman dulu tampaknya sang pemilik boleh bergaya bebas namun tetap sopan. Terlihat dari ijazah unggahan akun warganet lain, @sharimii, ijazah milik neneknya itu juga pas fotonya tampak sedikit menggunakan gaya.

ijazah jadul pas foto sorotan © Twitter

foto: Twitter/@sharimii

Dalam unggahan Ulfa, terlihat ejaan yang digunakan pada ijazah tersebut. Diketahui ejaan yang digunakan pada ijazah kakeknya adalah ejaan Soewandi. Ejaan Soewandi adalah ejaan dalam bahasa Indonesia yang berlaku sejak 17 Maret 1947. Ejaan Soewandi juga disebut dengan Edjaan Soewandi. Pada saat itu Soewandi adalah seorang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelumnya, ejaan Soewandi bernama ejaan Van Ophuijsen yang berlaku pada tahun 1901.

Unggahan Ulfa tersebut juga mengundang banyak komentar nyeleneh dari warganet. Di akhir twitnya, Ulfa bahkan memberi usul agar foto ijazah sekolah kini bisa sesantai seperti foto ijazah kakeknya.

“Mari usulkan ke pak Nadiem agar foto ijazah boleh bergaya seperti dulu!!” tulisnya.