Brilio.net - Nama Ari Kuncoro, rektor Universitas Indonesia (UI) tengah hangat diperbincangkan karena sebelumnya merangkap jabatan menjadi Komisaris Utama BRI. Terlebih ada revisi Statuta UI yang akhirnya memperbolehkan Rektor UI merangkap jabatan Komisaris BUMN.

Paham dengan situasi yang tengah terjadi, sejumlah alumni UI dan masyarakat pun melayangkan kritik. Setelah sempat trending di Twitter dan media sosial, kini lingkar Utara UI dibanjiri dengan deretan karangan bunga untuk sang rektor, Ari Kuncoro. Potret karangan bunga ini juga sempat diunggah ke media sosial, seperti dilansir brilio.net dari akun akun Twitter @MSMujab pada Jumat (23/7).

Ia menuliskan tweet 'Lucu-lucu bgt nih buat Rektor UI hebat' katanya. Tampak karangan bunga tersebut berisikan pesan-pesan sindiran yang dikemas dengan cara kreatif. Misalnya saja ada pesan bertuliskan 'Selamat bekerja untuk kemajuan UI dan BRI Pak Rektor/Komisaris.', 'Selamat atas disahkannya rangkap jabatan rektor dan komisaris Rektor UI Hebat', serta menyebut nama presiden 'Pak Presiden Rektor kami sudah boleh rangkap jabatan!'.

Usai isu ini ramai, Ari Kuncoro telah memutuskan mengundurkan diri dari komisaris BRI. BRI menyebutkan Kementerian BUMN menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro pada 21 Juli 2021 lalu.

"Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri Sdr Ari Kuncoro dari jabatannya selaku Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan per tanggal 21 Juli 2021," demikian kutipan keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI).