Brilio.net - Belum lama ini muncul video viral penampakan ikan langka di media sosial. Video singkat itu merupakan hasil rekaman nelayan yang memperlihatkan 4 ekor Paus Orca atau paus pembunuh di Perairan Anambas, Kepulauan Riau, yang berenang di sekitar kapal nelayan.

Dalam video berdurasi 25 detik itu memperlihatkan 1 paus pembunuh melewati bawah kapal ikan, sementara 3 lainnya lewat di depan kapal.

Paus orca di Anambas © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@fournineteen

Dilansir brilio.net dari akun Twitter @fournineteen yang mengunggah video itu, terlihat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ikut merespons video fenomenal itu. Video itu awalnya memang sengaja diunggah akun Twitter @fournineteen di salah satu unggahan Susi.

Loading...

"Wow luarbiasa...semoga alam kembali seperti dulu lagi. Allohuakbar," tulis Susi seperti dikutip brilio.net pada Minggu (5/4).

Paus orca di Anambas © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@fournineteen

Fenomena itu tentu mengejutkan nelayan. Sebab paus jenis tersebut sudah jarang tampak di perairan Indonesia. Paus Orca merupakan paus pembunuh dengan nama Orcanius orca.

Paus Orca muncul saat aktivitas manusia di sekitar laut tidak terlalu padat, tepatnya saat manusia tengah melakukan karantina saat wabah virus corona. Tampak dari video tersebut, air laut juga menjadi sangat jernih karena berkurangnya polusi yang mencemari laut saat aktivitas manusia berjalan seperti biasanya.

Laut di Indonesia juga merupakan jalur migrasi Paus Orca yang biasanya mereka lalui di rata-rata bulan September sampai Februari.

Kalau kamu belum nonton dan penasaran, simak videonya di bawah ini: