Adapun bahan yang perlu kamu kumpulkan pertama yakni tutup botol bekas kurang lebih 43 biji, matex atau dempul, hiasan bunga kering, spidol hitam permanen, tanah liat, serta kanvas putih.

Pertama, kamu baluri dulu kanvas putih dengan menggunakan matex atau dempul menggunakan tangan. Buat pola abstrak supaya terlihat artistik. Kemudian tempelkan tutup botol ke atas kanvas untuk membuat hari, tanggal, dan bulan.

kalender dari tutup botol © TikTok

foto: TikTok/@tiranissya

Jangan lupa hiasan bunga kering tadi supaya kalender terlihat cantik dan estetik. Setelah itu baru dikeringkan beberapa saat menggunakan hair dryer sampai benar-benar kering.

Untuk membuat penandanya, gunakan tanah liat atau air dry clay menjadi bulat seperti donat. Pastikan penanda yang kamu buat itu diameternya lebih besar dibanding tutup botolnya, ya. Supaya bisa dimasukkan jika sudah selesai.

kalender dari tutup botol © TikTok

foto: TikTok/@tiranissya

Keringkan penanda dari clay tersebut menggunakan hair dryer. Sambil menunggu kering sempurna, kamu bisa menuliskan hari dengan simbol huruf seperti 'S' untuk senin, 'R' untuk rabu, dan seterusnya.

Jangan lupa juga nomor 1 sampai 31 serta nama-nama bulan di bagian paling bawah. Gunakan spidol permanen untuk menuliskan tanggal, hari, dan bulannya, ya. Supaya tidak mudah terhapus nantinya.

kalender dari tutup botol © TikTok

foto: TikTok/@tiranissya

Seperti inilah hasil akhir kalender DIY dari botol bekas. Bikinnya mudah, cepat, dan bahannya sederhana banget. Untuk bahan pendukung lainnya kamu bisa cari di toko material atau toko cat, ya.

Video DIY kalender ini diunggah oleh akun TikTok @tiranissya yagn sudah ditonton lebih dari 6,7 juta kali. Tanggapan warganet yang penasaran juga memenuhi kolom komentar.

kalender dari tutup botol © TikTok

foto: TikTok/@tiranissya

"DARI DULU GAK PERNAH GAGAL KALO SOAL DIY," kata Imasfahriaty2.

"SERUUUU BGTTT KAKKKKK ," timpal @vsbvix.

"superr kreatif bgtt duhh panutan ‍," kata yazzzz

"Sukak banget banget banget!" komentar Dies Nidaraina.

@tiranissya Replying to @anak iseng YAAAY HASILNYA AESTHETIC BANGEET Kalender Aesthetic dari Tutup Botol niiihh... yuuk recreate DIY nyaaa, menarik banget nih bisa ngurangin sampah plastik gasih kalo kaya gini #NungguBedugBikinKarya #nbbk #Diyproject #diyroomdecor #roomdecor #diybarangbekas original sound - tiranissya