Brilio.net - Pernikahan merupakan momen yang sakral. Dan tentu aja diharapkan terjadi sekali seumur hidup. Bagi pasangan muda yang ingin menggelar pernikahan pasti akan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Banyak pasangan yang ingin menggelar pesta mewah karena alasan gengsi. Tak heran biaya yang dikeluarkan sangat besar. Padahal dengan biaya murah pernikahan juga tetap bisa berjalan dengan baik.

Tren saat ini, pernikahan selalu dibantu oleh wedding organizer demi kelancaran dan memudahkan pasangan agar tidak terlalu pusing memikirkan berjalannya acara pernikahan. Namun dengan menggunakan jasa ini biaya yang dikeluarkan pasti besar dong, sementara budget yang dipersiapkan minim.

Tak perlu khawatir, pernikahan bisa berjalan dengan baik dan lancar hanya dengan biaya minim lho. Hal itu pun diungkapkan oleh Owner Multi Kreasi Enterprise Wedding Organizer, Emil Eriyanto.

"Kalau masih mau tetap menggunakan jasa WO tapi budget terbatas tetap bisa. Jadi pihak WO akan puter otak untuk bisa menyesuaikan budget yang ditetapkan klien," kata Emil, saat ditemui di event Jakarta Wedding Festival 2018 di JCC Jakarta.

Loading...

Kendati demikian, Emil mengatakan klien tidak boleh menuntut lebih. Klien diminta menerima masukan dari pihak WO karena pernikahan bagus itu sebenarnya relatif.

"Pesta pernikahan yang bagus tidak melulu mahal. Saat calon pengantin ingin nikah murah, mereka setidaknya harus open minded dan mau menerima ide yang WO sampaikan," jelasnya.

Ia memberikan tips untuk menekan budget pernikahan yaitu dengan menekan biaya cathering. "Jadi, biaya paling tinggi dari acara pernikanan ada di budget cathering. Klien harus memikirkan berapa tamu yang akan undang," katanya.

Selain itu, pemilihan pakaian juga harus diperhatikan. Menurutnya banyak pengantin dengan budget sedikit tapi mau pakai desainer dan brand terkenal. Padahal dengan desainer biasa saja juga banyak yang bagus.

Tak hanya itu, masalah tempat juga harus harus dipikirkan. Ketika sudah mengetahui berapa jumlah tamu yang akan diundang, lebih baik mencari lokasi yang tidak terlalu besar, atau bisa menggelar acara pernikahan di rumah saja.

"Menikah yang budget minim disarankan di rumah saja. Kalau memang nikahnya di KUA, tim WO akan tetap mempercantik pernikahan klien. Di rumah atau KUA juga bisa buat dekorasi yang bagus. Dan intinya, pernikahan bagus tidak melulu harus mahal," tutupnya.