Brilio.net - Dulu saat zaman SMS masih ditarif per karakter, orang-orang akan sekreatif mungkin untuk menyingkat kata agar karakter yang dituliskan bisa sedikit. Artinya semakin sedikit karakter yang digunakan, semakin murah pula tarif SMS yang ditagih.

Maka jangan heran ketika dulu ada singkatan-singkatan kata yang terkadang bacanya bikin pusing. Salah satu yang masih populer hingga sekarang adalah penggunaan kata 'x' yang kemudian dibaca menjadi 'nya'. Meski sudah tak ditarif per karakter lagi, tapi singkatan ini nyatanya masih sering dipakai beberapa warganet hingga sekarang.

Namun asal-usul huruf 'x' bisa dibacanya menjadi 'nya' ini belum diketahui. Siapa yang memulai dan bagaimana singkatan itu bisa dimaknakan demikian pun masih misterius.

Baru-baru ini ada analisa iseng warganet yang mencoba mencari tahu bagaimana 'x' bisa dibaca menjadi 'nya'. Ternyata asal-usulnya berasal dari rumus matematika.

Ejaan X © 2018 brilio.net

Loading...

foto: Twitter/@AnakPetir

"Asal usul kenapa 'x' itu bisa dibaca 'nya'," tulis akun @AnakPetir seperti dikutip brilio.net pada Sabtu (13/10).

Akun Twitter tersebut mengungkapkan lewat cuitannya. Ia menjabarkan rumus persamaan matematika yang hasil akhirnya menunjukkan kalau x=nya. Entah asal-usul tersebut benar dari rumus matematika ini atau hanya kebetulan juga sebenarnya masih belum pasti.

Tapi temuan @AnakPetir ini tentu saja sedikit mengurangi rasa penasaran warganet. Cuitannya tersebut telah di-retweet sebanyak lebih dari 3.000 kali.

"Aku ingin kegabutanku menghasilkan kepintaran seperti ini," tulis akun @farahray.

"Subhanaallah rangorang yg suka pake x jadi "nya" sebenernya rangorang jenius yg terselubung," ujar akun @ndhrhsv.

"you did it, man. ini adalah penemuan terbaik yang pernah dilakukan oleh anak manusia," ungkap akun @mas_aih.