4. Adegan kecelakaan mobil.

cara bikin adegan seram di sinetron © TikTok

foto: TikTok/@anggipuri

Pernah nggak sih kamu penasaran dengan adegan kecelakaan mobil? Apakah memang semenyeramkan seperti adegan yang ditampilkan? Nah, akun @anggipuri.id memberikan fakta di balik adegan kecelakaan mobil.

Bukan dengan green screen, rupanya adegan ini dilakukan dengan secara nyata. Seluruh kru dikerahkan untuk menggulingkan mobil ke dataran tinggi. Saat mobil terguling jatuh ke dasar, DoP langsung mengambil gambar.

Namun, adegan ini tak mengikutsertakan pemerannya. Meski demikian, take adegan tersebut benar-benar harus dilakukan secara berhati-hati dan penuh perhitungan agar tidak menimbulkan kerugian bagi kru dalam pembuatan sinetron.

5. Efek hujan petir di sinetron.

cara bikin adegan seram di sinetron © TikTok

foto: TikTok/@yaudahhhhhhh14

Adegan hujan memang selalu jadi bumbu manis dalam sinetron. Untuk adegan yang sedih, biasanya hujan ditambah dengan latar suara yang mendayu atau alunannya menyiratkan kesedihan. Kadang hujan juga ditambah dengan suara petir atau penampakan kilat.

Untuk mengambil suasana hujan disertai petir dalam jarak dekat, cara membuatnya dengan memanfaatkan styrofoam serta air dalam botol yang dikucurkan dari atas. Kameramen nantinya bakalan mengambil footage dari bawah sehingga memperlihatkan suasana hujan yang sangat deras.

Untuk menghasilkan kilatan cahaya, ada lighting yang standby di sekitar lokasi take. Lighting yang digunakan nantinya akan di setting berkedap-kedip sehingga memperlihatkan kilatan cahaya yang menambah efek dramatis dari adegan tersebut.

6. Adegan jatuh dari ketinggian.

cara bikin adegan seram di sinetron © TikTok

foto: TikTok/@dibaliklayarcekkk

Selain hujan dan petir, adegan yang sering muncul di sinetron yakni jatuh dari ketinggian. Adegan ini memanfaatkan teknik pengambilan kamera. Untuk pemerannya, sutradara akan mengganti dengan boneka yang didandani menyerupai tokoh sinetron.

Saat boneka dijatuhkan dari ketinggian, DoP akan mengambil gambar dari kejauhan. Ketika sudah jatuh ke dasar, pemain stand by di bawah untuk di ambil gambar. Sehingga, adegan tampak seperti nyata.