1. Adegan kebakaran.

cara bikin adegan seram di sinetron © TikTok

foto: TikTok/@dibaliklayarcekkk

Bagi penggemar sinetron, pasti pernah melihat adegan kebakaran. Biasanya, adegan ini digambarkan dengan asap yang mengepul tebal dan api yang meluas ke seluruh tempat, layaknya kebakaran di dunia nyata.

Namun, rupanya, api yang digunakan ternyata tidak sebesar itu karena hanya menggunakan kotak dan kayu yang dibakar. Untuk menciptakan kesan api yang besar, maka pengambilan adegan dilakukan dengan mendekatkan kamera di depan api. Alhasil, adegan kebakaran ini tampak sangat dramatisir.

2. Adegan ditabrak mobil.

cara bikin adegan seram di sinetron © TikTok

foto: TikTok/@crewfilm17

Di setiap konflik sinetron, sering ada adegan berkelahi yang membuat pemeran saling kejar-kejaran di jalan. Di momen inilah, biasanya terjadi adegan kecelakaan mobil yang membuat pemeran harus dilarikan ke rumah sakit.

Ternyata pembuatannya tak seekstrem penampakannya di sinetron lho. Artis peran tak perlu sungguh-sungguh tertabrak untuk menghasilkan adegan kecelakaan. Lantaran, pemerannya mendadak terjatuh walau tak tersentuh kendaraan. Nah, agar terkesan nyata, DoP (Director of Photography) akan mengambil shoot dari beberapa angle.

3. Adegan malam di sinetron.

cara bikin adegan seram di sinetron © TikTok

foto: TikTok/@crewfilm17

Adegan malam hari biasanya dibuat dengan penuh ketegangan. Tapi kamu tahu nggak sih, kalau adegan ini ternyata pembuatannya nggak selalu di waktu malam lho. Yap, ada teknik khusus untuk membuat suasana tampak seperti malam hari.

Terungkap, kalau cara pengambilan gambarnya dilakukan saat siang hari di sebuah ruangan yang semua gordennya ditutup. Selain itu, sumber cahaya dari jendela tak hanya ditutup gorden, tapi juga ditutup kain tak tembus pandang dari bagian luar.

Ruangan kemudian dilengkapi dengan lighting yang pas untuk pengambilan gambar. Dengan trik ini, aktris maupun sutradara nggak perlu menunggu waktu malam untuk mengambil gambar.