Puasa disini yang dimaksud adalah intermittent fasting. Intermittent fasting merupakan pengaturan pola makan dengan cara berpuasa, yaitu menggunakan jeda waktu untuk bisa mengonsumsi makanan. Jangka waktu puasa yang umumnya diterapkan dalam program intermittent fasting adalah 12 sampai dengan 24 jam.

Tujuannya untuk melakukan intermittent fasting semata hanya karena ingin tubuh fit. Mengingat dirinya memiliki badan yang gemuk.

Frugal living jalur kena PHK © TikTok

foto: TikTok/@toops33

Menerapkan gaya hidup hemat, sudah pasti. Hal ini dilakukannya agar bisa bertahan di masa sulitnya.

Selanjutnya, ia pun menerapkan diet clean eating. Diet ini tidak melulu tentang mengurangi berat badan, tetapi lebih merupakan gaya hidup yang mengutamakan kualitas nutrisi dan makanan alami.

"gua nggak mau asal murah murah terus makanan jadi ga sehat," ungkapnya.

Frugal living jalur kena PHK © TikTok

foto: TikTok/@toops33

Lalu apa patokannya dalam menerapkan tiga goals tersebut? Ternyata, pria ini selama menganggur mendapatkan bantuan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dari pemerintah. Perbulannya, ia mendapatkan dana sebesar Rp 1.250.000. Uang tersebut ia gunakan hanya untuk makan sehari-hari, di luar biaya listrik dan internet.

Menurut penuturannya, ia mengeluarkan uang sekitar Rp 317.000 untuk makan dalam seminggu. Itu artinya ia masih memiliki sisa uang Rp 933.000 untuk biaya makan selama 3 minggu ke depan. Ia pun terus berusaha untuk menekan biaya makan agar bisa cukup untuk sebulan.

Frugal living jalur kena PHK © TikTok

foto: TikTok/@toops33

Video yang diunggah pada Selasa (11/7) langsung menuai perhatian dari warganet. Beragam respon ditinggalkan oleh warganet lewat kolom komentar. Mereka memuji pria ini yang mampu menekan biaya makan tanpa mengesampingkan nilai gizi dari makanan yang dikonsumsi.

"ini baru konten yg jujur bet apa adanya gk kaya yg lain," ujar @q_h_21g

"ini bagus banget sih, duit segitu dan menunya gizi seimbang juga," kata @dyahagustinss

"tp beneran sehat lho menunya," sahut @embunpagi893

@toops33 Frugal Living jalur pengangguran #frugalliving #pengangguran #puasahematdiet #JKP original sound - Topi-chan