cuci gorden tanpa disikat © TikTok

 

Cara cuci gorden tanpa disikat
TikTok/@betyunita354

Siapkan gorden kotor atau dekil yang perlu dicuci. Sediakan juga ember besar untuk merendam gordennya. Adapun bahan dapur yang perlu disiapkan diantaranya baking soda dan asam cuka yang biasa dipakai untuk bahan makanan.

Mengutip dari Reader's Digest, dalam kandungan baking soda terdapat pH 9 (ukuran keasaman atau basa suatu zat) yang dapat melarutkan senyawa organik seperti kotoran, minyak, dan bahan lengket lainnya. Sebab itulah mengapa baking soda sering digunakan sebagai bahan pembersih, karena terbukti efektif menumpaskan kotoran.

Tuangkan 4 sendok makan baking soda ke dalam wadah atau ember yang telah disiapkan. Selain cuka, kamu butuh sabun cuci baju cair sebanyak satu sendok makan saja. Untuk melarutkan kedua bahan tersebut, gunakan air panas sebanyak 4 gayung ke dalam wadah.

cuci gorden tanpa disikat © TikTok

 

Cara cuci gorden tanpa disikat
TikTok/@betyunita354

Rendam gorden kotornya ke dalam ember. Tekan-tekan sampai semua permukaan gorden terendam sempurna. Sembari di rendam, aduk-aduk sebentar gorden tersebut untuk merontokkan kotoran yang menempel.

Jika gorden sudah terendam dengan baik, diamkan cucian selama 30 menit. Gorden yang sudah direndam selama setengah jam langsung dibilas untuk menghilangkan busanya.

cuci gorden tanpa disikat © TikTok

 

Cara cuci gorden tanpa disikat
TikTok/@betyunita354

Sebelum dijemur, rendam gorden dengan pewangi pakaian yang kamu suka. Di sini, pengunggah menambahkan asam cuka di dalam rendaman tersebut agar wanginya tercium kuat. Rendam selama kurang lebih 10 - 15 menit.

Gorden bisa langsung dijemur di bawah sinar terik matahari seperti di gambar. Warna cokelat akibat kotoran yang menempel hilang seketika meskipun tidak disikat oleh pemiliknya. Kamu juga dapat menggunakan bantuan pengering di mesin cuci agar cepat kering.

@betyunita354 Tips cuci korden auto clink . . #clean #cleaning #tipsmencucibaju #tipsmencucisederhana suara asli - - betyunita