Brilio.net - Jodoh memang merupakan salah satu rahasia Allah yang sering dipertanyakan oleh manusia. Seseorang tidak akan tahu siapa dan di mana keberadaan jodohnya sendiri sebelum Allah menakdirkan untuk bertemu dengan jodoh atau pasangan hidupnya.

Allah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan, semua manusia pasti memiliki jodoh tergantung ikhtiar dari manusia itu sendiri serta takdir Allah yang sudah menentukannya.

Jodoh bisa saja jauh bisa saja dekat, semua akan menjadi teka-teki yang hingga sampai saat ini masih membuat manusia penasaran. Dalam Islam, jodoh adalah cerminan diri. Pasti sudah tak asing lagi di telinga dengan pepatah "orang baik akan mendapatkan jodoh yang baik, dan orang yang buruk akan mendapatkan jodoh yang buruk pula".

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (24/6), hal itu merupakan ujian dari Allah untuk menuntun manusia ke jalan kebaikan agar mendapatkan jodoh yang baik pula. Seperti firman Allah dalam Alquran surat An Nur ayat 26 yang berbunyi sebagai berikut:

Tanda jodoh menurut islam © 2020 brilio.net

Al-khabiisaatu lil-khabiisiina wal khabiisuna lil khabiisaat, wat-tayyibaatu lit-tayyibiina wat-tayyibuna lit-tayyibaat, ulaa'ika mubarra'una mimmaa yaqulun, lahum magfiratuw wa rizqung kariim

Artinya:

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."

Dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa Allah memang memberikan jodoh berdasarkan akhlak dari hamba-Nya tersebut. Karena dengan firman itulah diharapkan agar manusia dapat senantiasa memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan Nya agar kelak mendapat jodoh yang baik pula.

Tanda-tanda jodoh sudah dekat menurut Islam

1. Kemantapan hati

Jika seseorang sudah memiliki kemantapan hati pada seseorang untuk dijadikan pasangan hidup maka ini pertanda bahwa ia memang berjodoh. Untuk mendapatkan kemantapan hati ini, bisa dilakukan dengan melaksanakan sholat istikhara untuk memohon petunjuk dari Allah apakah seseorang itu memang jodoh kita atau bukan.

2. Memiliki akhlak yang tidak jauh berbeda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jodoh adalah cerminan diri. Memiliki iman serta kebaikan yang tidak terlalu jauh berbeda bisa menjadi pertanda jika jodoh sudah dekat seperti yang sudah tertulis pada sebuah ayat Alquran jika wanita-wanita baik untuk laki-laki baik dan sebaliknya.

3. Ketenangan jiwa

Jika berinteraksi dengan tambatan hati, membuat seseorang merasa tenang dan selalu membuat diri merasa tentram dan damai, kemungkinan memang jodoh sudah dekat. Seperti firman Allah dalam surat Ar Rum ayat 21.

Tanda jodoh menurut islam © 2020 brilio.net

Wa min aayaatihii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawaddataw wa rahmah, inna fii zaalika la'aayaatil liqaumiy yatafakkarun

Artinya:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

4. Memiliki tutur kata dan akhlak yang bisa memotivasi

Jodoh sudah dekat juga bisa terlihat dari semua tutur kata dan juga akhlaknya selalu mengandung motivasi sehingga membuat kedua belah pihak akan lebih mendekatkan diri kepada Allah.

5. Memunculkan rasa syukur kepada Allah

Jika seseorang bertemu dengan tambatan hatinya, kemudian membuatnya merasa semakin bersyukur dan mengingat kebesaran Allah maka bisa jadi tambatan hatinya adalah jodoh yang baik untuknya. Seperti firman Allah dalam Alquran surat Az Dzariyat ayat 49.

Tanda jodoh menurut islam © 2020 brilio.net

Wa ming kulli syai`in khalaqnaa zaujaini la'allakum tazakkarun

Artinya:

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah."

Dari ayat tersebut diketahui bahwa tujuan Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan yaitu supaya umatnya dapat mengingat kebesaran Allah.

6. Dijauhkan dari rasa kesepian

Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan supaya tidak merasa kesepian atau merasa sendiri. Ketika seseorang bertemu dengan tambatan hatinya dan merasa tidak lagi kesepian, maka kemungkinan dirinya memang jodoh dari orang tersebut. Seperti dalam surat Al Anbiya ayat 89.

Tanda jodoh menurut islam © 2020 brilio.net

Wa zakariyyaa iz naadaa rabbahu rabbi laa tazarnii fardaw wa anta khairul-waarisiin

Artinya:

"Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik."

Ayat tersebut adalah doa yang diungkapkan oleh Rasulullah sebagai wujud berharap mendapatkan jodoh yang terbaik, jodoh akan melenyapkan seseorang dari rasa kesendirian dan kesepian, juga kelak memberikan keturunan sebagai pelengkap dan amanah dari Allah.

7. Mempermudah dalam segala hal

Bersamanya, Allah akan mempermudah segala hal. Ketika seseorang dipertemukan dengan tambatan hatinya dan merasa segala menjadi mudah saat dihadapi bersama-sama karena ridho Allah, adalah salah satu pertanda jodoh sudah dekat.

8. Muncul ketertarikan

Jika seseorang bertemu dengan seseorang lainnya lalu timbul rasa ketertarikan satu sama lain, bisa saja itu adalah tanda bahwa jodoh sudah dekat. Seperti dalam surat Ali Imran ayat 14.

Tanda jodoh menurut islam © 2020 brilio.net

Zuyyina lin-naasi hubbusy-syahawaati minan-nisaa'i wal-baniina wal qanatiiril muqantarati minaz-zahabi wal fiddati wal khailil musawwamati wal an'aami wal hars, zaalika mataa'ul-hayaatid-dun-yaa, wallaahu 'indahu husnul-ma'aab

Artinya:

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)."

9. Selalu jujur

Kejujuran adalah hal yang tidak boleh dipermainkan dan jika kejujuran berasal dari hati, maka niscaya kebahagiaan akan selalu menyertai seseorang jika sudah bertemu dengan orang yang selalu jujur kepadanya sehingga tak ada lagi rasa ragu pada orang tersebut adalah tanda bahwa jodoh sudah dekat.

10. Keluarga bisa saling menerima

Jika seseorang lawan jenis mempunyai kepribadian yang baik dan sesuai dengan ekspektasi keluarga, dan keluarganya juga sangat senang hati menerima orang tersebut, maka ini juga bisa dijadikan pertanda jika jodoh sudah dekat.