Brilio.net - Di tengah pemukiman padat penduduk di Gang Dharma Kelapa Dua, Depok, terdapat sudut tersembunyi bernama Taman Baca Melego. Meski tak terlalu jauh dari jalan raya dan diapit oleh rumah warga yang jaraknya berdekatan, tempat tersebut jauh dari kesan pengap dan kumuh.

Tempat yang difungsikan sebagai sarana belajar untuk anak-anak dan remaja di sekitar Gang Dharma tersebut justru tampak asri dengan beberapa pepohonan dan taman. Siapa yang menyangka kalau tempat bermain sekaligus belajar itu dulunya adalah tempat pembuangan sampah liar bagi warga setempat?

Bahkan menurut para pengurus taman baca, banyak warga yang bukan berdomisili di sekitar Taman Baca Melego ikut membuang sampah di tempat tersebut. Ajo dan beberapa temannya yang sering berkumpul di toko penyewaan alat outdoor yang berada persis di depan tempat pembuangan sampah pun cukup terganggu dengan bau dari tumpukan sampah.

taman baca melego sulap tumpukan sampah jadi tempat belajar © berbagai sumber

foto: Instagram/@tamanbacamelego

Nggak cuma aroma menyengat dari sampah, ia dan warga sekitar juga akrab dengan asap dari pembakaran sampah di lahan tersebut. Melihat kondisi yang memprihatinkan, Ajo dan beberapa temannya berinisiatif untuk membersihkan sampah di lahan tersebut.

"Di depan taman ini kan ada tempat penyewaan alat outdoor. Temen-temen sering nongkrong di situ setiap pulang ngampus atau pulang kerja. Udah notice kalau di depan toko ada tempat pembuangan sampah warga yang udah puluhan tahun. Nggak nyaman juga kan lama-lama sama aromanya. Akhirnya saya sama temen-temen berniat mau bersihin lahan itu," tutur Ajo.