Brilio.net - Istilah takabur adalah sikap mental dan perbuatan yang menganggap dirinya lebih besar, lebih tinggi, lebih pandai, atau lebih segalanya dan memandang orang lain rendah. Sifat takabur salah satu sifat yang terlarang bagi umat Muslim, karena seseorang yang takabur akan merasa dirinya tidak memiliki kekurangan dan hal ini dapat berdampak pada pergaulan sesama manusia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takabur adalah merasa diri mulia (hebat, pandai, dan sebagainya), angkuh atau sombong. Lawan dari sifat takabur adalah tawadhu yang memiliki arti rendah hati dan menghargai orang lain.

Takabur dibagi menjadi dua yaitu takabur lahir dan takabur batin. Takabur lahir adalah perbuatan dan tingkah laku yang dapat dilihat seperti merendahkan orang lain. Sementara takabur batin adalah sifat dalam jiwa yang tak terlihat dan melekat di dalam hati, seperti sifat merasa besar dan pandai.

Sebagai umat Muslim, memiliki sifat takabur merupakan perbuatan yang tercela. Hal ini karena takabur merupakan sifat yang tidak disukai oleh Allah SWT. Takabur berawal dari dalam hati, hingga kemudian tampak pada perkataan, sikap, dan perbuatan.

Lebih lanjut, untuk memahami dan mengetahui penjelasan lengkap terkait dengan takabur, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (6/4).