Sebenarnya, cara untuk menghilangkan bunyi pintu rumah berderit itu terbilang tidak sulit sama sekali. Nggak harus selalu memanggil tukang, pasalnya hal ini bisa kamu atasi sendiri di rumah.

Bahkan bisa pakai bahan-bahan sederhana yang kamu punya. Seperti yang diterapkan oleh warganet lewat akun TikTok @zanluck.

Untuk mengatasi engsel pintu yang berderit, kamu ternyata hanya perlu menyiapkan minyak goreng. Minyak goreng mengandung lemak yang dapat melumasi engsel pintu dan mengurangi gesekan antara logam. Minyak goreng juga dapat mencegah karat dan kotoran yang menempel pada engsel pintu.

atasi engsel pintu berderit © TikTok

foto: TikTok/@zanluck

Siapkan minyak goreng secukupnya dan taruh di sebuah wadah. Sebelum dioleskan, bersihkan engsel pintu dari debu atau kotoran dengan menggunakan kuas, kapas, atau kain. Anda dapat menggunakan sedikit air jika perlu, tetapi pastikan untuk mengeringkan engsel pintu setelahnya.

atasi engsel pintu berderit © TikTok

foto: TikTok/@zanluck

Oleskan minyak goreng secara merata pada engsel pintu dengan menggunakan jari tangan. Jika tangan tidak ingin kotor, maka bisa menggunakan kuas atau kain lap.

Pastikan untuk mengoleskan minyak goreng pada bagian dalam dan luar engsel pintu. Gerakkan pintu maju mundur beberapa kali agar minyak goreng meresap ke dalam engsel pintu. Kamu dapat mendengar suara berderit berkurang atau hilang sama sekali.

atasi engsel pintu berderit © TikTok

foto: TikTok/@zanluck

Lap kelebihan minyak goreng yang menetes dengan menggunakan kain lap bersih. Hindari mengotori permukaan pintu atau dinding dengan minyak goreng.

Dengan melakukan cara di atas, kamu dapat mengatasi engsel pintu berderit dengan mudah dan murah. Jangan lupa untuk merawat pintu agar engselnya tidak karatan dan menimbulkan bunyi berderit.

Kamu bisa melakukannya dengan cara membersihkan engsel pintu secara rutin dari debu, kotoran, atau kelembaban dengan menggunakan kain lap, sikat, atau kuas. Selain itu, oleskan juga pelumas, seperti minyak goreng pada engsel pintu secara berkala. Pelumas dapat melumasi engsel pintu dan mencegah karat dan gesekan yang menyebabkan bunyi berderit.

@zanluck

solusi pintu yg bunyi ini adalah minyak pada engsel pintu ,beri minyak pada engsel pintu tersebut

suara asli - ide kreatif - zanluck