Brilio.net - Jika kamu berkunjung ke Kota Yangon, Myanmar jangan kaget saat berjumpa dengan ribuan ekor anjing di sepanjang jalan. Pasalnya, kota tersebut sedang diinvansi oleh anjing. Lebih dari 100.000 ekor anjing liar dilaporkan menghuni kota tersebut, dan jumlahnya terus bertambah.

Anjing-anjing tersebut berkeliaran di jalan-jalan Kota Yangon. Tidur di pintu rumah warga, mengorek-ngorek sampah, dan menggonggong saling bersautan setiap malam.

kota di asia ini dihuni oleh ribuan ekor anjing © 2016 Channelnewsasia

Sebagaimana dikutip dari Channelnewsasia, Rabu (12/10), pemerintah sebenarnya sudah mulai melakukan kampanye untuk mengurangi populasi mereka. Beberapa anjing liar akan ditangkap, divaksinasi, dan dikebiri. Setelah itu mereka akan dilepas di jalanan dengan tanda pita merah.

kota di asia ini dihuni oleh ribuan ekor anjing © 2016 Channelnewsasia

Loading...

Sebelumnya, pemerintah daerah selama bertahun-tahun mencoba untuk mengurangi populasi anjing liar dengan memberi mereka makan daging beracun. Namun para aktivis perlindungan hewan merasa itu adalah cara yang keji dan tak bisa menjadi solusi untuk menghentikan laju populasi.

kota di asia ini dihuni oleh ribuan ekor anjing © 2016 Channelnewsasia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Myanmar merupakan negara dengan tingkat rabies tertinggi kedua di Asia Tenggara. Hal ini membuat pemerintah Yangon harus menandatangani perjanjian dengan organisasi hewan internasional untuk memulai vaksinasi dan sterilisasi.