Brilio.net - Setiap pedagang biasanya akan mematok harga jual jauh di atas harga modal untuk setiap barang dagangannya. Cara lazim seperti ini tentu bertujuan untuk mencari untung sebesar-besarnya.

Namun apa yang dilakukan pedagang satu ini mungkin akan membuatmu terkesima. Alih-alih menentukan harga jual untuk barang dagangannya, ia justru meminta pembeli untuk menghargai sendiri barang yang ia jual.

Kejadian unik ini kemudian dibagikan oleh salah satu netizen bernama Hendro. Lewat akun media sosialnya, ia mengunggah foto seorang pedagang yang berjualan makanan.

pria ini minta pembeli hargai dagangannya sendiri © 2016 facebook

Dari foto tersebut, tampak produk yang dijual terjejer rapi dalam sebuah rak display. Menariknya, di depan rak tersebut terpampang sebuah tulisan "Tentukan harganya sendiri. Modal 1900/bungkus. Bagaimana aku takut miskin sedangkan RABBI Maha Kaya," tulis dia seperti dikutip brilio.net, Sabtu (1/10).

Postingan yang diunggah di grup Komunitas Peduli Malang ini pun langsung mengundang reaksi dari para netizen. Banyak yang memuji aksi pedagang tersebut, namun tak sedikit pula yang kontra.

"ilmu dagang cara Rasul iki... Subhanallah..." komentar netizen bernama Amriza.

"Memang Tuhan maha kaya, tp klo bayar harganya ditentukan pembeli ya jangan, soalnya intinya dagang itu keuntungan, klo di beli 2000an, masnya bakal rugi, trs rejeki dpt dr mana? Klo rejeki masnya dilewatkan dagangan masnya, klo bisnis ya di itung biaya + waktu + tenaga dll, rejeki Tuhan yg menentukan tp klo kita ga berusaha ya ga dpt apa (bisa rugi masnya)," saut netizen Bagus Permana Putra.