Brilio.net - Sekilas melihat spidol yang memiliki tinta berwarna perak ini kamu akan mengira benda ini sama seperti spidol umumnya. Eits, ternyata spidol ini ajaib lho. Spidol ini disebut-sebut mampu mengubah kertas menjadi sebuah sirkuit listrik.

Kok bisa ya? Hal ini ternyata karena spidol ini menggunakan tinta yang terbuat dari partikel-partikel perak sehingga membuatnya bersifat konduktif atau penghantar yang baik dalam hal ini ia mampu menghantar arus listrik antar satu komponen ke komponen yang lainnya. Garis-garis yang dibuat kemudian berfungsi sebagai pengganti kawat yang akan menyambungkan arus listrik pada komponen-komponen listrik di sirkuit tersebut.

Spidol tinta perak yang dilengkapi dengan penghapusnya ini dinamakan AgIC Circuit Marker dan dibuat oleh sebuah perusahaan dibidang elektronik yang berbasis di Jepang yakni AgIC Inc.

Diharapkan dengan adanya spidol ini memudahkan orang-orang untuk membuat jaringan sirkuit elektronik mereka sendiri, serta bisa belajar tentang elektronik dengan gampang dan menyenangkan.

Dilansir brilio.net dari japantimes.com.jp, di masa depan teknologi tersebut mungkin bisa digunakan untuk menginstal sirkuit listrik dengan sensor pada wallpaper untuk membuat rumah pintar di mana dinding otomatis dapat merasakan gerakan. Hal ini berpotensi untuk membantu memantau orang tua yang tinggal sendirian.

Loading...

Penasaran seperti apa penampakannya jika dipraktikkan ? cek videonya berikut ini