Brilio.net - Pernahkah kamu mendengar Kuala Kencana dan Tembagapura? Mungkin kamu tidak akan menyangka kalau kedua nama tersebut merupakan sebuah daerah di Indonesia yang penampakan serta fasilitasnya mirip seperti kota-kota di Eropa. Kamu mungkin semakin tidak menyangka kalau tahu bahwa dua lokasi tersebut berada di Pulau Papua.

Betul, Kuala Kencana dan Tembagapura ada di Papua, tepatnya di Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Keduanya merupakan distrik, setingkat kacamatan, yang menjadi tempat pemukiman para pekerja industri pertambangan Freeport. Bedanya, Kuala Kencana terletak di dataran rendah sementara Tembaga pura terletak di dataran tinggi.

Nah, mungkin kamu penasaran sekarang, apa sih yang bikin kedua distrik itu disebut mirip kota-kota di Eropa? Dilansir brilio.net dari akun TikTok @leo_edw, Kuala Kencana dan Tembagapura punya fasilitas ciamik layaknya di Eropa. Misalnya saja, kalau kamu melihat kecamatan tersebut, nyaris tak bisa ditemukan tiang listrik maupun septic tank.

Nah, kalau kamu penasaran sama penampakannya, tenang. Brilio.net telah menghimpun beberapa potret kedua distrik tersebut. Simak gambarnya di bawah.