Brilio.net - Hanya dalam hitungan dekade, K-POP merajai tangga lagu di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Miliaran angka streaming musik jadi saksi kesuksesan genre lagu yang masih muda ini.

Kesuksesan sosok bernama Lee Soo-man bisa dianggap sebagai cikal bakal populernya K-POP. Usai kembali dari Amerika, ia mendirikan agensi SM Entertainment pada 1989 yang banyak melahirkan musisi K-POP. Disusul munculnya agensi besar lainnya seperti YG Entertainment dan JYP Entertainment yang membuat genre K-POP semakin meroket hingga sekarang.

Kini, K-POP mulai mengeluarkan tajinya di kancah internasional. BTS, Boyband K-Pop ternama ini jadi pionir yang mendapatkan nominasi penghargaan Grammy Awards. Bukan sembarangan, Ini adalah ajang penghargaan yang diberikan oleh organisasi wahid di bidang musik National Academy of Recording Arts and Sciences di Amerika Serikat.

Sayangnya, grup vokal yang terdiri dari 7 anggota ini belum berhasil merebut piala. Bahkan, pada 2024, BTS sama sekali tidak masuk nominasi. Fans dan pengamat musik semuanya bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi.

MOLATV MOLATV

foto: Instagram/@recordingacademy

Sejarah BTS dengan Grammy Awards pun cukup panjang. Pada 2019, BTS menjadi Grammy Guest yang bertugas mengumumkan pemenang nominasi. Tahun selanjutnya, BTS kali pertamanya perform di ajang bergengsi dunia ini.

Baru, pada 2021-2023, selama tiga tahun berturut-turut BTS mendapatkan nominasi, walaupun belum membawa pulang piala. Nasib buruk masih berlanjut, NewJeans, Stray Kids, Fifty Fifty, dan Tomorrow X Together (TXT) yang telah mengirimkan lagu juga harus sabar karena tidak masuk nominasi.

Uniknya, ajang Grammy Awards tidak memiliki kategori khusus musik K-POP. Tak seperti dua ajang penghargaan musik bergengsi lain, American Music Awards (AMAs) dan Billboard Music Awards (BBMAs), keduanya kini telah merilis kategori khusus musik K-POP.

Dari kategori ini, beberapa musisi K-POP akhirnya berhasil membawa pulang piala penghargaan. Terbaru musik grup NewJeans menyabet piala BBMAs 2023 dari kategori Top Global K-POP Artist.

Hingga kini Grammy Awards belum memberikan ruang kategori khusus untuk musik asal Korea ini. Tentu ada beberapa pihak yang kecewa, di antaranya ARMY atau sebutan untuk fans BTS.

Isu inklusi ini pun tengah jadi pembicaraan serius di dunia musik Internasional, khususnya K-POP seolah dipisahkan dari lagu lainnya dengan genre yang serupa.

Lalu, apa yang menjadi pertimbangan Grammy Awards masih enggan memenangkan K-POP?

Melansir dari NME, kepala penghargaan di Recording Academy, Bill Freimuth, mengatakan pihaknya merasa sulit untuk mendefinisikan musik Korea dari musik pop biasa sebagai penguat untuk kategorinya sendiri. Alhasil, kategori khusus K-POP belum mungkin ada dalam waktu dekat. 

"Menurut saya, K-POP modern benar-benar dimulai pada tahun 1990-an. Mereka mengambil apa yang populer di era itu (seperti R&B dan bubblegum pop) dan menjadikannya milik mereka," ujar Freimuth dilansir brilio.net dari NME, Sabtu  (3/2).

Selama ini musik K-POP dikenal akan kepopulerannya yang mendunia. Grammy Awards adalah ajang penghargaan bergengsi di dunia, jika mampu mendapatkan kemenangannya tentu kualitas musik K-POP akan kian merajai musik dunia.

Di sisi lain, banyak yang berpendapat tak masalah ketika musik K-POP tidak masuk ke dalam nominasi ajang penghargaan Grammy Awards. Sebabnya, banyak yang menggandrungi musik mereka.

MOLATV MOLATV

foto: Instagram/@molanewsid

Gelaran Grammy Awards 2024 kali ini memang penuh dengan intrik dan drama. Bukan sekedar ajang penghargaan, di baliknya banyak sekali politik dan kisah yang seru untuk dikulik. Setiap tahunnya, Grammy Awards selalu mencuri perhatian penikmat musik dari seluruh penjuru bumi.

Beruntung, kini kamu bisa menyaksikan semuanya secara live lewat MOLA, loh! Bahkan tayangan ini, juga bisa kamu akses dengan gratis tanpa dipungut biaya. Tahun ini, Mola secara eksklusif berkesempatan menayangkan secara langsung penghargaan bergengsi Grammy pada 5 Februari 2024 pukul 08.00 WIB. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan di sini.