Brilio.net - Sinopsis berasal dari kata synopsis yang memiliki arti ringkas. Berdasarkan asal dari kata tersebut, sinopsis merupakan rangkuman atau ringkasan cerita dari sebuah novel atau gambaran isi dari suatu cerita diambil secara garis besar namun tidak mengubah atau meninggalkan pembahasan utamanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah karangan ilmiah biasa yang digunakan bersamaan dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis tersebut. Sinopsis secara garis besar adalah ringkasan, abstraksi, atau ikhtiar karangan.

Dalam sebuah sinopsis umumnya berisi gambaran sebuah karya baik itu tulis atau film. Sinopsis punya peran penting dalam penggambaran sebuah karya. Sinopsis biasa ditulis untuk menggambarkan buku fiksi atau nonfiksi, makalah akademis, dan bahkan video game.

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, pahami pengertian, fungsi, ciri, dan cara membuat sinopsis, Selasa (17/5).

Pengertian sinopsis.

Sinopsis adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Gorys Keraf.

Sinopsis adalah summary atau ringkasan atau precis yang paling efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang menjadi lebih pendek.

2. Carpenter.

Pengertian sinopsis adalah teks yang berisi kalimat naratif, penjelasan tentang masalah atau plot, karakter, dan bagaimana buku atau novel berakhir.

3. Haryanta.

Pengertian sinopsis adalah ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu. Ini berupa ringkasan atau abstraksi.

4. Susanto.

Pengertian sinopsis adalah ringkasan suatu buku atau teks. Sinopsis dalam sastra merujuk pada ringkasan karya sastra. Sinopsis disusun berdasarkan urutan kronologis peristiwa dalam teks sehingga terlihat urutan cerita.

(brl/lea)