Brilio.net - Salah satu momen viral dalam rangka Hari Raya Idul Adha 2023 adalah penampakan lautan daging kurban di salah satu dusun di daerah Banjarnegara. Sebuah dusun di pegunungan Dieng ini beberapa waktu belakangan ini tengah viral.

viral penampakan lautan daging qurban TikTok

foto: TikTok/@citra.tampan

Pasalnya, pada hari raya Idul Adha 2023 ini Dusun Krajan, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, berkurban 73 sapi dan 254 kambing. Merupakan jumlah yang cukup fantastis untuk lingkup sebuah dusun saja.

Dengan jumlah tersebut, daging kurban yang terkumpul ini juga sangat banyak, yakni mencapai 25 ton. Video penampakan tumpukan daging qurban yang menggunung ini pun yang viral di TikTok. Hal ini seketika menarik banyak perhatian netizen.

viral penampakan lautan daging qurban TikTok

foto: TikTok/@citra.tampan

Dibagikan oleh akun TikTok @citra.tampan, kabarnya warga satu dusun ini saling menabung Rp5 ribu per hari hingga akhirnya bisa berkurban sebanyak itu. Perolehan daging yang sangat banyak, bahkan hingga memenuhi sebuah gedung aula.

"Lautan daging qurban. Dusun Krajan, Batur, Banjarnegara, qurban sebanyak 73 ekor sapi dan 253 ekor kambing," tulis keterangan dalam video yang diunggah @citra.tampan.

Hal yang menambah kagum, sebagian besar warga dusun Krajan ini hanya berprofesi sebagai petani dan pekerja serabutan setiap harinya. Namun, berkat rajin menabung mereka berhasil berkurban secara gotong royong.

viral penampakan lautan daging qurban TikTok

foto: TikTok/@citra.tampan

"Saya sementara ini bekerja sebagai buruh, tapi alhamdulillah bisa berkurban tahun ini. Warga disini alhamdulillah nabung ada yang Rp 10 ribu/pekan. ada juga yang nabung sebulan Rp 50 ribu," ungkap salah satu shohibul kurban.