Brilio.net - Setiap sekolah pasti memiliki aturan. Hal tersebut bermaksud untuk membentuk suatu lingkungan pendidikan yang aman, teratur, dan efektif. Melalui norma-norma perilaku, aturan membentuk karakter siswa, mengajarkan nilai-nilai moral, etika, dan tanggung jawab. Kedisiplinan menjadi fokus penting aturan sekolah, mengajarkan siswa tentang kontrol diri, tanggung jawab, dan tata krama.

Dengan menerapkan aturan, sekolah berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang efisien dan produktif. Selain itu, aturan juga berperan dalam menciptakan kesetaraan dan keadilan di sekolah, memastikan bahwa setiap siswa memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Namun, dalam penelitian yang ditulis oleh Khairunnisa Rizka terbit di PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, mengatakan siswa yang berada dalam aturan yang begitu ketat dapat menghambat motivasi belajar. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan partisipasi, apalagi jika sekolahnya dipimpin oleh kepala sekolah otoriter.

Namun, ternyata aturan yang ketat tidak selalu menekan siswa. Salah satu sekolah yang cukup ketat dengan aturan diterapkan di sekolah ini. Uniknya, sekolah ini menerapkan sebuah aturan yang bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @singkatajaudah.

parkir sesuai jenis © TikTok

foto: TikTok/@singkatajaudah

Awalnya, video tersebut memperlihatkan sebuah parkiran yang dipenuhi motor. Kendaraan tersebut tersusun rapi dan disesuaikan dengan bentuknya. Bahkan ada beberapa motor dengan warna sama yang diparkir bersebelahan. Hal ini mungkin akan menyulitkan pemilik untuk membedakan motornya dengan yang lain.