Brilio.net - Sejak mewabah di Indonesia pada awal Maret lalu, virus Corona memberikan beberapa perubahan untuk kehidupan masyarakat. Dengan bertambahnya jumlah pasien, tak sedikit yang semakin merasa khawatir dengan penyebarannya.

Menurut WHO, COVID-19 dapat menular dari orang yang sudah terinfeksi virus Corona. Penyakit ini juga dikatakan dapat menyebar melalui tetesan, baik dari hidung atau mulut. Biasanya kondisi ini terjadi saat orang yang terinfeksi sedang batuk atau bersin.

Tetesan air dari orang yang terjangkit juga bisa menempel pada beberapa benda yang ada di sekitarnya. Hal ini tentu mengkhawatirkan jika tetesan pada benda itu tersentuh oleh tangan-tangan orang lain. Sebab tangan menjadi organ yang kerap kita gunakan untuk menyentuh berbagai benda, termasuk wajah, mata maupun hidung. Melalui sentuhan pada wajah inilah bisa menyebabkan terhirup dan masuk ke dalam sistem tubuh kita.

Dengan kondisi ini pemerintah memberikan beberapa anjuran, salah satunya adalah membatasi interaksi dengan lingkungan luar. Bekerja dan belajar dari rumah juga disarankan agar meminimalisir penyebaran Corona. Keputusan ini tak luput dari kekhawatiran orangtua mengenai pendidikan anak mereka. Dengan belajar dari rumah, beberapa orangtua khawatir anak-anak tidak maksimal dalam mendapat pelajaran.

Namun sekarang kamu nggak perlu khawatir, karena sudah ada beberapa solusi dalam permasalahan pendidikan. Selama libur sekolah karena virus Corona, anak-anak sekolah tetap bisa mendapat pendidikan melalui beberapa program belajar online gratis. Dengan perkembangan teknologi, para siswa tetap bisa mengakses ilmu baru setiap harinya lho.

Program belajar online gratis ini juga sudah banyak yang menampilkan ilustrasi menarik sehingga membuat pembelajaran jadi menyenangkan. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (18/3), berikut 8 Program belajar online gratis selama sekolah diliburkan akibat adanya Virus Corona.


1. Rumah Belajar.

foto: belajar.kemdikbud.go.id



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) sudah memberikan layanan belajar online gratis. Rumah Belajar adalah aplikasi pembelajaran yang diberikan Kemendikbud untuk masyarakat Indonesia.

Program ini bisa diakses di iOS maupun Android. Kehadiran Rumah Belajar juga bisa membantu pelajar agar tetap mendapat akses pendidikan selama libur sekolah karena virus Corona.

Rumah Belajar tidak hanya bisa diakses pelajar lho, para guru pun juga bisa menjelajahi program ini. Dalam Rumah Belajar banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan, di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Dalam program ini sudah tercatat 240.856 guru dan 588.716 siswa yang sudah bergabung dalam Rumah Belajar.

Rumah Belajar bisa dimanfaatkan oleh pelajar dan guru dalam berbagai tingkat, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat. Kamu penasaran? Langsung akses rumah belajar di belajar.kemdikbud.go.id ya!


2. Microsoft Indonesia.

Loading...

foto: microsoft.com



Microsoft Indonesia juga ikut andil dalam memberikan solusi kendala pendidikan selama wabah Corona. Microsoft Indonesia menyediakan akses Office 365 untuk pendidikan.

Program ini bisa dimanfaatkan pihak sekolah dengan menyediakan domain institusi untuk identitas digital guru dan murid. Melalui program ini, pelajar dan guru juga tetap bisa melakukan proses pembelajaran secara digital.

Menariknya, dalam program ini juga ada fitur video conference yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Para guru juga bisa mengirimkan bahan belajar dalam bentuk teks, suara ataupun video.

Selain itu, pelajar juga bisa berdiskusi dengan temannya dalam program itu. Kamu bisa akses program yang diberikan Microsoft Indonesia melalui link ini.


3. Google G Suite for Education.

foto: edu.google.com



Google juga memberikan layanan pendidikan selama wabah virus Corona. Proses belajar di luar rumah bisa di akses melalui G Suite for Education. Program ini merupakan layanan gratis untuk belajar melalui dunia digital.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan Google seperti, Hangouts Meet dan Google Classroom. Dua fitur ini bisa sangat membantu sebagai alat konferensi video dan untuk mengikuti pembelajaran dengan jarak jauh.

Fitur Hangouts Meet mampu melakukan live streaming sampai dengan 100.000 penonton dalam suatu domain. Selain itu fitur ini juga bisa menampung 250 peserta per kelas hingga 1 Juli 2020 dan bisa direkam serta disimpan dalam Google Drive. Hal ini cukup membantu untuk diakses di kemudian hari.


4. Kelas Pintar.

foto: Instagram/@kelaspintar_id



Kelas Pintar juga menjadi program pendidikan gratis lainnya yang bisa kamu akses. Pembelajaran online ini bisa diakses guru maupun murid. Kelas Pintar mengunggulkan 3 pendekatan yaitu, learn, practice, dan juga test. Program ini juga menawarkan ilustrasi menarik dengan beberapa penjelasan melalui video.

Selain mendapatkan materi belajar, Kelas Pintar juga menawarkan paket-paket soal untuk berlatih. Nah bagaimana, apakah kamu tertarik? Akses di kelaspintar.id untuk mengetahui lebih lanjut.

2 dari 2 halaman


5. Quipper School.

foto: Instagram/@quipper_id



Quipper juga tidak mau kalah dalam memberikan akses belajar online. Akses pembelajaran ini bisa dimanfaatkan untuk siswa, guru dan juga sekolah.

Melalui akun Instagramnya, Quipper Indonesia menawarkan konten gratis untuk guru dan juga siswa. Terdapat materi pembelajaran untuk siswa kelas 9 dan 12, video pembelajaran, kumpulan latihan soal, try out online, dan juga video pelatihan untuk guru.

Untuk mencobanya, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu untuk menikmati fitur yang diberikan. Kamu juga bisa akses di link ini.


6. Ruangguru.

foto: Instagram/@ruangguru



Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara langsung memberikan informasi bahwa perusahaannya juga ikut memberikan layanan pendidikan gratis. Program yang diberikan Ruangguru ini disebut pihaknya sebagai solusi untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring. Kamu bisa mengikuti kelas ini dari Senin sampai Jumat.

Kehadiran program Ruangguru juga sudah bisa diakses sejak Senin (16/3). Sekolah online gratis ini bisa diikuti dari jam 08.00-12.00. Ada 15 kanal pembelajaran secara streaming yang mencakup semua mata pelajaran. Siswa dari kelas 1 SD hingga 12 SMA bisa menikmati program ini melalui aplikasi Ruangguru.


7. Sekolahmu.

foto: Instagram/@sekolah.mu



Sekolahmu merupakan program belajar online gratis yang bisa dimanfaatkan guru, murid, dan juga orangtua murid. Sekolahmu menyediakan kelas yang bisa dilakukan dari rumah.

Semua jenjang pendidikan, dari pra sekolah hingga SMA bisa mengakses Sekolahmu. Terdapat beberapa program yang ditawarkan Sekolahmu di antaranya, Tanyamu, Ujianmu, Kelasmu, Kariermu, Home Learning Program Cikal, dan Programmu. Ada juga fitur Belajar Live dalam program ini.


8. Zenius.

foto: Instagram/@zeniuseducation



Belajar secara mandiri kini bukan hal asing lagi. Zenius adalah salah satu program yang menawarkan belajar mandiri secara online dan juga gratis. Zenius menawarkan materi-materi pembelajaran untuk siswa SD, SMP, SMA.

Menariknya juga ada materi yang bisa dimanfaatkan untuk persiapan masuk ke perguruan tinggi. Materi SNMPTN, UTBK, Ujian Mandiri juga bisa kamu dapatkan. Selain itu juga ada materi informasi mengenai CPNS untuk kamu yang tertarik mengikuti. Zenius bisa diakses melalui zenius.net.