Brilio.net - Untuk kamu yang doyan mancing, pasti bakal senang banget kalau dapat tempat yang banyak ikannya. Kalau begitu nggak perlu menunggu lama-lama, dalam hitungan menit saja pasti kail pancing sudah tergigit oleh ikan.

Salah satu yang jadi tempat pemancingan liar oleh orang-orang di sekitar Jakarta dan Bekasi adalah saluran Kalimalang. Ya, ada beberapa spot yang dijadikan tempat mancing liar oleh beberapa orang di saluran sepanjang 20 kilometer ini.

Nah, belum lama ini beredar video di media sosial seseorang yang memergoki pria sedang menebar ikan di pinggiran Kalimalang. Pada video tersebut, terlihat seorang pria yang sedang melepaskan ikan dari kantong plastik bening. Ternyata kegiatan ini tidak dilakukan oleh satu orang saja, melainkan satu keluarga. Sebab ketika pria tersebut habis menebar satu kantong, lalu datang kantong-kantong lain.


Menurut percakapan yang dilakukan oleh perekam video dengan salah satu anggota keluarga ini, mereka mengaku kalau sering melakukan aktivitas tersebut. Bukan cuma hanya satu kantong, pada saat itu mereka membawa 30 plastik yang berisi ikan mas. Menurut seorang ibu di keluarga itu, satu kantong ikan beratnya sekitar 10 kilogram. Berarti jika mereka membawa 30 kantong, ada 300 kilogram ikan yang mereka lepaskan di Kalimalang pada saat itu.

Ibu itu juga mengaku kalau keluarganya rutin melepaskan ikan-ikan di saluran itu. Biasanya, mereka melakukannya dalam waktu satu bulan sekali. Tidak ada alasan khusus mereka melakukan penebaran ikan ini. Menurut pengakuan sang ibu, hanya ingin sungainya lestari saja.

Sementara itu menurut perkiraan warganet, keluarga yang tampak keturunan Tionghoa ini sedang melakukan tradisi Fangsheng. Kebudayaan China yang melepaskan makhluk hidup seperti burung dan ikan ke alam bebas ini dipercaya dapat mengikis karma buruk.

"Sepertinya tradisi fangshen yg dilakukan, kebudayaan china percaya melepaskan mahluk hidup lainnya sperti burung ikan & kura kura ke alam bebas bisa mengikis karma buruk yg terdahulu," ungkap akun Twitter @teh_Di_.

ikan disebar 300 kilogram kalimalang © Twitter/@andi_chairil

foto: Twitter/@teh_Di_

Aksi keluarga ini tentu saja mendapat reaksi positif dari warganet. Melepas ikan ke sungai tersebut bisa melestarikan dan menjaga ekosistem di dalamnya. Lantas saja banyak warganet yang terinspirasi akan melakukan hal serupa di kampung halamannya.

"Keren ini. Ikut Menjaga ekosistem. Jadi pengen ngebobol tambak tetangga dekat rumah, biar ikannya berkelana di sungai," ujar akun @JefryGigih bercanda.

"SALUT tingkat dewa. Ternyata masih banyak horang nyang peduli n tanpa pamrih, cita-cita mulia, supaya lestari dan memanjakan para pemancing," tulis akun @KopralCebong.

"Bukan masalah tradisi ato ajaran agama... tp ini suatu hal yg baik utk membuat kota t4 kita tinggal menjadi lbh baik. mantapp... lets do it," kata akun @NovieRumuy.