Negeri pertama kali kopi diseduh jadi minuman

fakta-fakta unik dari Ethiopia Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Bagi kamu para penikmat kopi, kamu tahu nggak sih, kalau kopi yang diseduh setiap pagi adalah praktik yang pertama kali dilakukan oleh orang Etiopia?

Ceritanya begini, seorang pengembala kambing awalnya keheranan melihat hewan ternaknya menjadi sangat enerjik setelah makan buah berry yang belakangan diketahui adalah buah kopi.

Bahkan kambing-kambingnya tak mau tidur hingga malam. Si pengembala itu kemudian mencoba biji-bijian tersebut untuk ia konsumsi bahkan ditambahkan air agar tidak terlalu pahit.

Hasilnya, dirinya menjadi lebih fokus saat bekerja dan praktik menyeduh kopi menyebar ke seluruh negeri Etiopia bahkan seluruh dunia hingga kini.

Etiopia adalah negara festival

fakta-fakta unik dari Ethiopia Berbagai sumber

foto: brilliant-ethiopia.com

Etiopia adalah negara yang penuh dengan festival yang semarak dan penuh warna. Salah satu festival yang jadi event terbesar di negara ini adalah Festival Timket. Event ini adalah festival tahunan yang digelar tiga hari untuk menghormati pembaptisan Yesus Kristus di sungai Yordan.

Pada hari tersebut para imam memindahkan 'Tabot' (replika Tabut Perjanjian) dari setiap gereja dan berbaris ke sumber air terdekat, di mana pembaptisan komunal dilakukan.

Prosesi tersebut diiringi oleh ribuan penduduk setempat yang mengenakan pakaian tradisional putih mempesona yang kontras dengan warna jubah upacara dan payung beludru berpayet para pendeta. Festival lainnya adalah The Great Ethiopian Run, sebuah festival lomba lari yang diikuti oleh hampir seluruh orang dewasa di negara tersebut.