Brilio.net - Durian termasuk buah yang bernilai ekonomis tinggi. Menurut sebagian orang, buah dengan cita rasa dan bau yang khas ini mempunyai rasa yang lezat. Tekstur buah tropis ini juga sangat legit di mulut. Tetapi banyak juga orang yang tak menyukai buah tersebut. Namun hal itu tidak membuat harga durian menjadi anjlok, malah ada durian dijual dengan harga fantastis.

Dikutip dari channelnewsasia.com, Kamis (13/6) di Thailand ada sebuah durian terjual dengan harga fantastis USD 48.000 atau 1,5 juta bath. Nilai ini setara dengan Rp 685 juta.

Durian kanyao Thailand ini merupakan varietas yang termahal di dunia, sehingga sangat mudah menarik perhatian sejumlah pecinta buah durian di Nonthaburi, Thailand baru-baru ini.

Para pelaku lelang telah memilih durian sehari sebelumnya dari sebuah perkebunan terdekat dengan harga minimal 20.000 bath atau setara Rp 9 juta.

Pemilik durian angkat bicara, pria Thailand bernama Maliwan Han Chai Thai memberi jawaban mengapa buah durian miliknya laku hingga Rp 685 juta.

Loading...

"Saya tahu ini adalah durian yang sangat istimewa tetapi saya juga takjub dengan harganya yang sangat mahal. Varietas ini adalah yang paling lezat di dunia dan kami akan terus mengembangkannya," lanjutnya.

Durian kanyao, varietas durian paling mahal dan paling dicari di dunia ini terjual kepada pengusaha lokal Thailand. Total hasil lelang pada acara ini terkumpul 4,5 juta baht atau hampir Rp 2,1 miliar. Uang tersebut diserahkan kembali ke petani dan sebagian juga disumbangkan ke badan amal setempat untuk membeli peralatan medis untuk rumah sakit.

Keistimewaan durian kanyao yang berasal dari wilayah Nonthaburi, sekitar 65 kilometer utara Bangkok ini karena memiliki rasa manis dan tekstur daging buah yang lembut. Selain itu, durian kanyao sendiri dikabarkan hampir musnah setelah banjir besar melanda Nonthanburi beberapa tahun yang lalu.