Brilio.net - Desain atau potret rumah di perkampungan biasanya besar-besar dengan halaman yang luas. Di belakang rumah terdapat kebun atau mungkin kolam yang dijadikan tempat memelihara ikan. Bangunan besar dan luas itu merupakan ciri-ciri rata-rata rumah di perkampungan. Bahkan ada satu rumah di perkampungan yang luasnya bak kompleks perumahan.

Rumah itu berada di Sarawak yang terletak di Barat Laut Borneo. Setiap warga yang tinggal di sana memiliki rumah yang luas dan memanjang ke belakang. Konsep rumah warga di Sarawak ini juga unik, karena setiap keluarga tinggal di bangunan yang berhimpitan layaknya indekos. Meski begitu jangan ditanya bagaimana dalamnya, karena kamu akan terkejut betapa luasnya rumah di perkampungan ini.

Potret rumah tersebut dibagikan oleh akun TikTok @lakeknyam pada Minggu (15/1) kemarin. Unggahan video tersebut memperlihatkan desain rumah yang kerap disebut 'longehouse' oleh masyarakat sekitar.

rumah longhouse © TikTok

foto: TikTok/@lakeknyam

"Sarawak Longhouse," tulis pemilik akun.

Di bagian depan rumah terdapat teras atau halaman depan yang seperti aula. Mengapa disebut aula? Karena bentuknya yang panjang dan luas seperti di aula pada umumnya. Ketika masuk kamu akan melihat betapa luasnya rumah yang satu ini meski ada di kampung.

rumah longhouse © TikTok

foto: TikTok/@lakeknyam