Brilio.net - Keberadaan plastik memang cukup membantu manusia. Dari situ banyak tercipta barang-barang penunjang kehidupan sehari-hari. Tapi ternyata plastik juga menimbulkan bahaya yang serius bagi alam. Hal ini disebabkan masa urai sampah plastik yang bisa memakan waktu puluhan bahkan sampai ratusan tahun.

Saat ini, kondisi sampah plastik di dunia cukup memprihatinkan. Untuk itu, mulai banyak gerakan antiplastik yang digalang oleh banyak orang. Salah satu gerakan yang paling simpel adalah dengan tidak memakai sedotan plastik ketika meminum sesuatu. Gerakan ini telah banyak dilakukan oleh berbagai restoran yang sudah tidak lagi menyediakan sedotan plastik.

Namun ide salah satu restoran di Italia ini cukup unik. Mereka membuat sedotan ramah lingkungan yang dibuat dari pasta kering. Pasta yang bentuknya dibuat mirip sedotan ini pun bisa difungsikan dengan baik tanpa harus menimbulkan sampah plastik.

Dilansir brilio.net dari educateinspirechange.org, Selasa (19/11), kabar ini viral setelah akun bernama GranFabio mengunggah foto sedotan unik itu di forum Reddit. Pasta yang dipakai adalah jenis bucatini, yang mana memiliki bentuk tabung panjang persis seperti sedotan.

restoran sedotan pasta © berbagai sumber

Loading...

foto: reddit/GranFabio

Usut punya usut, sedotan pasta ini ternyata sudah diproduksi oleh perusahaan asal Britania Raya, Stroodles. Sedotan pasta tersebut dapat bertahan selama satu jam dalam minuman dingin. Pasta yang masih kering tidak menimbulkan rasa, sehingga itu tidak mengubah rasa dari minuman.

Meski demikian, tentu saja sedotan ini tidak direkomendasikan untuk menyedot minuman yang hangat atau panas. Selain minumannya bisa langsung masuk dan membakar tenggorokan, sedotan pasta ini juga bakal layu kalau terkena air panas.

Boleh dicoba, nih!