1. Keris.

souvenir ktt g20 © YouTube

Kerajinan pertama ada Keris Nogososro Ladrang Jogja (selut grajen Nogososro Kamarogan) 15 luk. Keris ini berbahan perak berlapis emas, yang dibuat oleh pengrajin dari Desa Aeng Tong Tong, Madura.

Pengrajin di desa ini tidak sembarang, menurut keterangan dari Kementerian Sekretariat Negara Indonesia, pengrajin tersebut memiliki tradisi untuk pembuatan keris.

2. Kerajinan Perak Rumah Adat.

souvenir ktt g20 © YouTube

Selanjutnya ada kerajinan yang terbuat dari perak berbentuk rumah adat Tongkonan, Toraja, Sulawesi Selatan. Di dalamnya terdapat miniatur pasangan pria dan wanita yang terbuat dari perak juga. Miniatur pasangan itu memakai busana adat Toraja, yakni Seppa Tallung (pria) dan Baju Pokko (wanita).

3. Patung Uang Kepeng Lumbung Bali.

souvenir ktt g20 © YouTube

Indonesia juga memberikan cinderamata berupa Patung Uang Kepeng. Patung ini dibuat dari lima campuran logam (pancadatu), yang terdiri dari emas, perak, kuningan, besi, dan tembaga. Pada bagian dasar, terbuat dari bahan kayu bentawas dengan cat natural.

Keistimewaan dari patung ini adalah bahan bakunya diambil dari limbah logam yang sudah tidak terpakai, dan dilebur kembali dengan titik didih 950 derajat Celcius.

4. Patung Resin "Wanita Membatik".

souvenir ktt g20 © YouTube

Patung berbahan fiber ini didesain membentuk seorang wanita yang sedang membatik. Karya seni ini merupakan buah kerja keras dari Johan Abi Tobing, anak bangsa dari Kefamenanu Timor, NTT.