×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pertama kali di dunia black hole terekam jelas, ini penampakannya

View Image

0

BRILIO » Wow

Pertama kali di dunia black hole terekam jelas, ini penampakannya

Penemuan black hole ini sesuai dengan teori relativitas Einstein.

11 / 04 / 2019 09:57

Brilio.net - Para ilmuwan telah melakukan penelitian mengenai black hole alias lubang hitam. Dengan teleskop dan perangkat lainnya, peneliti mencoba memahami fenomena black hole. Nah sebenarnya apa sih blackhole itu? Blackhole ialah gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur dari black hole.

Selama ini orang-orang penasaran dengan penampakan dari blackhole. Sejak Rabu (10/4), ilmuwan peneliti black hole mencatat sejarah baru. Mereka mengumumkan telah  mendapatkan potret black hole yang terekam jelas.

penampakan blackhole pertama di dunia ©Twitter/@Astrokatie

foto: Twitter/@Astrokatie

Dilansir brilio.net dari abc.net.au (11/4), black hole ini ditemukan di pusat M87, yakni di dekat galaksi Bima Sakti. Gambar black hole tersebut akhirnya didapat setelah peneliti melakukan penelitian selama tujuh tahun.

Loading...

"Ini adalah prestasi ilmiah yang luar biasa yang dicapai oleh tim yang terdiri lebih dari 200 peneliti," kata Dr Sheperd Doeleman dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian.

Black hole ini berjarak 55 juta tahun cahaya dari bumi. Dilansir brilio.net dari Twitter ilmuwan, Dr Katherine J Mack @Astrokatie, (11/4) berat black hole ini 6,5 miliar kali lebih berat dari matahari lho. Paling mengejutkan adalah penemuan black hole sesuai dengan prediksi teori relativitas yang dicetuskan Einstein.

Teori relativitas umum Einstein meramalkan keberadaan black hole serta memetakan seberapa berat benda-benda semacam itu akan membelokkan jalinan ruang-waktu dan membelokkan jalur cahaya. Gambar black hole yang ditemukan berupa lubang hitam dikelilingi cincin cerah.

Sementara itu, astrofisikawan (astrophysicist) dari University of Queensland Profesor Tamara Davis membenarkan bahwa penampakan tersebut sesuai dengan prediksi Einstein.

"Anda dapat melihat bahwa satu sisi cincin itu lebih terang dari yang lain, dan itulah sisi yang datang kepada kita ketika semuanya berputar. Itu juga diprediksi oleh relativitas, bahwa jika ia berputar, dan kebanyakan hal cenderung berputar, maka ia akan memiliki satu sisi yang lebih terang daripada yang lain," kata Tamara.

penampakan blackhole pertama di dunia ©Twitter/@Astrokatie

foto: Twitter/@Astrokatie

Para peneliti mengamati black hole dengan Event Horizon Telescope (EHT). Para peneliti mengarahkan EHT ke M87 sejak April 2017. Tak disangka minggu ini peneliti mendapati penampakan lubang hitam kemerahan yang mereka sebut sebagai penemuan awal black hole. Penemuan tersebut kemudian dibahas dan dituliskan dalam enam karya ilmiah Astrophysical Journal Letters.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    3%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    91%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    6%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more