Brilio.net - Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi. Menjadi tempat terdingin di muka Bumi, 98 persen daratan benua ini ditutupi oleh es. Ini disebabkan karena suhunya yang bisa mencapai -89 derajat Celcius.

Dengan suhu yang super ekstrem tersebut, tak banyak orang yang bisa bertahan hidup di sini. Orang yang tinggal di sini umumnya adalah peneliti dan ilmuwan. Mereka tinggal hanya dalam waktu tertentu saja. Hewan yang menempati Antartika pun hanya tertentu, seperti penguin, anjing laut dan nematoda.

Belum lama ini viral sebuah foto ilmuwan yang berfoto dengan semangkuk mi. Ia berfoto saat suhu Antartika mencapai -60 derajat.

Akun Twitter @semestasains menceritakan bahwa ilmuwan klimatologi tersebut baru saja ingin menikmati semangkuk mi instan hangat. Namun, baru ditinggal beberapa saat untuk berbicara lewat alat komunikasi, mi instan tersebut sudah beku.

makan mi suhu -60 derajat © Twitter/@semestasains

foto: Twitter/@semestasains

Mi yang tadinya sedang dililitkan oleh garpu saat masih hangat-hangatnya ini menyebabkan efek seperti 'mi terbang'. Seperti kuliner yang beberapa waktu lalu juga sempat hits. Kalau sudah beku begini, kira-kira masih bisa dimakan nggak ya?

Tapi ternyata nggak cuma mi instan aja nih. Ilmuwan lain juga ikut-ikutan bereksperimen dengan makanan lainnya, seperti telur yang dipecahkan ke atas teflon, roti isi cokelat serta menuangkan mentega ke atas roti tawar. Semuanya beku!

makan mi suhu -60 derajat © Twitter/@semestasains

foto: Twitter/@semestasains

Dari gambar tersebut terlihat telur yang baru mau dituangkan ke atas teflon kuningnya saja belum jatuh dari cangkang tapi sudah keburu beku. Begitu juga dengan mentega yang ingin dioleskan ke roti, jadi malah seperti air terjun.

Foto-foto tersebut viral setelah diunggah oleh akun @semestasains. Cuitannya telah dibagikan sebanyak lebih dari 17 ribu kali. Banyak warganet yang menyamakan mi instan yang beku tersebut dengan kuliner 'mi terbang' seperti yang pernah hits beberapa waktu lalu.

"Definisi mie terbang yang sebenernya," tulis akun @MikiRingan.

"kalo mi kuah brrti ntr jadi es potong dong," ujar akun @xxbybyby.

"Kasihan ya mie nya, yg tadi sikapnya panas sekarang jadi dingin, kaya sikapnya dia. :(" tambah akun @RizkyAlwanda1.