Profil kota Baarle-Nassau dan Baarle-Hertog.

Perbatasan Belanda dan Belgia ini unik banget Berbagai sumber

foto: YouTube/Great Big Story

Baarle-Nassau dan Baarle-Hertog adalah dua kota kecil yang berbatasan di selatan Belanda dan selatan Belgia. Kedua kota ini terkenal karena perbatasan yang unik dan membingungkan antara kedua negara.

Perbatasan ini terdiri dari puluhan bagian yang disebut "enclaves" dan "exclaves". Enclave adalah bagian Belanda yang terdapat di dalam Belgia. Sebaliknya, exclave adalah bagian Belgia yang terdapat di dalam Belanda.

Perbatasan Belanda dan Belgia ini unik banget Berbagai sumber

foto: dutchnews.nl

Enclaves dan exclaves dapat ditemukan di seluruh kota, membuat beberapa rumah dan jalan terbagi menjadi dua bagian. Ada juga beberapa enclaves Belanda yang hanya dapat diakses melalui Belgia.

Ada 22 wilayah milik Belgia di dalam Baarle-Nassau, Belanda bernama Baarle-Hertog. Sementara di dalam Baarle-Hertog, ada 10 wilayah milik Belanda.

Perbatasan Belanda dan Belgia ini unik banget Berbagai sumber

foto: YouTube/Great Big Story

Uniknya, wilayah tersebut tak cuma membelah tanah kosong. Tapi garis perbatasannya membelah berbagai fasilitas publik seperti jalan, perpustakaan, sekolah, gereja, dan restoran.

Bahkan garis perbatasan pun ada yang membelah satu rumah sehingga rumah tersebut berada di dua wilayah negara yang berbeda. Bayangkan jika kamar tidurmu ada di wilayah Belanda, sementara toiletnya ada di wilayah Belgia. Untuk mandi di rumah sendiri saja kamu butuh ke luar negeri dahulu.