Brilio.net - Salah satu wilayah Indonesia yang terletak di sebelah Timur adalah Papua. Wilayah tersebut masuk dalam dua provinsi Republik Indonesia paling timur yakni, Provinsi Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, serta Papua Selatan.

Papua sendiri adalah sebuah pulau besar yang punya luas terbesar kedua setelah pulau Greenland yang jadi wilayah Denmark. Luasnya mencapai 785.753 km persegi. Indonesia sendiri menguasai wilayah pulau besar di bagian barat. Sementara di bagian timur, merupakan wilayah negara Papua Nugini.

Batas kedua negara ini tepat di tengah-tengah pulau. Indonesia menempati bagian kepala sampai badan, sementara Papua Nugini menempati bagian badan sampai ekor pulau yang bentuknya disebut mirip burung Cendrawasih ini.

Jika dilihat dari peta, garis perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini adalah garis lurus yang membelah bagian tengah pulau. Namun jika kamu lihat lebih detail, garis lurus tersebut akan sedikit melengkung di bagian bawah.

Mengapa ada garis lengkung di perbatasan Papua Nugini & Indonesia Berbagai sumber

foto: YouTube/Mr Frestea

Apa kamu bertanya-tanya, kira-kira kenapa ya, garis perbatasan itu bisa melengkung? Padahal bisa saja perbatasan dibuat lurus tanpa perlu berbelok-belok. Ternyata, di baliknya ada cerita yang cukup menyeramkan. Penasaran? langsung simak ulasan brilio.net merangkum dari berbagai sumber pada Senin (16/1).

Sejarah Kolonisasi Pulau Papua

Pulau Papua mulai didatangi orang-orang Eropa sejak abad 16 silam. Seorang bangsawan Italia yang mengikuti pelayaran Fernando de Magelhaens ke Nusantara, pernah mencatat kedatangannya di Pulau Papua pada tahun 1521.

sejak saat itu, Pulau Papua mulai banyak didatangi oleh orang Eropa. Mereka yang rata-rata punya tujuan berdagang, kebanyakan datang ke wilayah kepala (sekarang Papua Barat) dari pulau ini yang saat itu sudah dikuasai oleh Kesultanan Ternate-Tidore.

Ketika VOC berkuasa di Nusantara, wilayah kekuasaannya pun menjamah sampai pulau Papua. Belanda sendiri mulai mengklaim wilayah Papua sebagai tanah jajahannya sejak 24 Agustus 1828.

Hal tersebut ditandai dengan dibangunnya benteng Fort Du Bus di Teluk Triton (sekarang di Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Indonesia). Belanda kemudian menyatakan wilayah tersebut dengan nama Dutch New Guinea.

Selanjutnya pada tahun 1884, giliran Kekaisaran Jerman yang mengklaim bagian timur pulau Papua. Jerman menamakan daerah koloninya itu sebagai Deutsch New Guinea. Terakhir, pada tahun 1888 Inggris juga mendeklarasikan kekuasaanya di wilayah pantai selatan dengan nama British New Guinea.

Mengapa ada garis lengkung di perbatasan Papua Nugini & Indonesia Berbagai sumber

foto: YouTube/Mr Frestea

Setelah Jerman kalah Perang Dunia I, daerah koloninya pun direbut oleh Inggris lewat negara persemakmurannya, Australia. Setelah era kolonialisme berakhir, Papua bagian barat dikuasai oleh Indonesia, sementara bagian timur berdiri sebuah negara bernama Papua Nugini.