Brilio.net - Di beberapa daerah di Indonesia, transportasi umum seperti angkutan kota alias angkot masih menjadi salah satu pilihan banyak orang. Pasalnya memanfaatkan alat transportasi umum untuk aktivitas sehari-hari jauh lebih irit biaya, dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Terlebih kebanyakan angkot masih menerapkan tarif yang sama untuk jarak jauh-dekat.

Namun, baru-baru ini warganet digegerkan dengan aksi seorang penumpang angkot yang tak mau membayar sesuai tarif semestinya. Penumpang tersebut bahkan tak tidak terima dengan uang kembalian yang diberikan sang sopir angkutan umum. Pembicaraan keduanya direkam oleh penumpang lain di dalam angkutan tersebut.

Video berdurasi 15 detik itu kemudian diunggah oleh akun Instagram @undercover.id pada Kamis (21/01). Meski demikian, sampai berita ini ditulis, belum diketahui pasti waktu dan tempat terjadinya peristiwa tersebut.

Diketahui, kejadian bermula ketika seorang pria penumpang yang duduk di samping sopir angkot hendak turun dan menyodorkan uang lembaran Rp 5.000 kepada sopir. Sang sopir kemudian menyerahkan kembalian sebesar Rp 3.000 kepada penumpang yang bersangkutan. Namun, penumpang tersebut justru menolaknya.

Dari pembicaraan keduanya, diketahui penumpang itu meminta kembalian Rp 4.800, dengan alasan ia hanya naik angkutan umum dalam jarak dekat.

Loading...

Sementara itu, meski sempat melontarkan respons heran, sang sopir akhirnya menyatakan bahwa penumpang tersebut tidak perlu membayar.

Penumpang angkot bayar Rp200 Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@undercover.id

"Angkot jauh-dekat 3000. Penumpang mau bayarnya 200 perak aja. Karena bapaknya baik banget akhirnya 'Nggak usah bayar aja' katanya. Semoga bapak ini dilancarkan rejekinya...," tulis akun @undercover.id, seperti dilansir brilio.net pada Kamis (21/1).

Unggahan video tersebut kemudian dibanjiri komentar warganet. Tak sedikit di antara mereka yang menyayangkan perbuatan penumpang angkutan umum dalam video tersebut.

Namun, tak sedikit pula warganet yang kagum dan memuji respons sang sopir yang sabar menghadapi penumpangnya. Tak sedikit yang mendoakan sang sopir.

"Lo masuk resto, masuk mall ga nawar giliran naik angkot cuman 3 rebu lo tawar 200 perak. Ga takut ditagih malaikat di alam kubur cuk?" kata akun @sakawi.perkasa.

"Kesabaran bapak keikhlasan bapa akan tergantikan secepat mungkin. Allah tidak diam bagi hambanya yg sudah ber ikhtiar. Semangat bapak," tulis akun @meldi_ms.

"Semoga rezeki bapaknya lancar dan berlimpah. Aamiin Allahuma Aamiin," ujar akun @deyangdar.

"Contoh yg baik dari si pak supir, Sabar dalam menghadapi segala sesuatu. Semoga rezeki nya selalu dilancarkan pak. Aamiin," pungkas akun @rifki_pahlevi.

"Cara ngomongnya bapak supir angkotnya bagus, terlihat kemampuan berfikir tenangnya. Cara ngomon bapak yang bayar 200 terdengar nyolot sekali. Dari sana aja kita udah bisa menyimpulkan kemampuan berfikir keduanya," tutup akun @maulidi_abdurrahman.