Brilio.net - Seni berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya curahan hati manusia. Dengan begitu, seni dapat diartikan sebagai kegiatan rohani manusia yang merefleksikan realitas dalam suatu karya dan isinya memiliki daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.

Seni juga merupakan suatu usaha manusia untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Bentuk yang menyenangkan dalam hal ini berarti sebagai bentuk yang membingkai perasaan keindahan dan dapat terpuaskan jika menangkap satu kesatuan dari bentuk yang disajikan. Secara umum, seni terbagi menjadi empat cabang, yaitu seni rupa, seni musik, dan seni teater. Seni rupa adalah sebuah konsep untuk salah satu cabang seni yang terdiri atas unsur garis, bidang, bentuk, tekstur, ruang, dan warna. Unsur tersebut tersusun menjadi satu dalam sebuah pola tertentu.

Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua, yaitu karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar atau karya yang hanya dapat dilihat dari satu arah pandang saja. Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah seni lukis, seni grafis, dan seni ilustrasi.

Nah untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai seni rupa dua dimensi, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Senin (19/9).